Jelang Pencoblosan, 245 Penyelenggara Pilbup Tasik Reaktif Covid-19

112
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com
Loading...

KABUPATEN TASIK – Menjelang hari pencoblosan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Tasikmalaya, ternyata ditemukan ada 245 penyelenggara pemilihan reaktif Covid-19 berdasarkan Rapid Test.

Sementara hasil swab test dari 245 yang terdiri dari 220 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 25 orang Linmas ini, belum keluar.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat, Istianah mengatakan, sebanyak 245 orang penyelenggara Pilkada Kabupaten Tasikmalaya yang reaktif berdasarkan rapid test itu tersebar hampir di semua kecamatan.

Penyelanggara pemungutan suara yang paling banyak reaktif itu berada di Kecamatan Cikalong, sebanyak 65 orang.

“Di Kecamatan lain hanya ada satu dua orang. Hasil swab dari Dinkes belum keluar karena ada kendala teknis,” ujarnya kepada awak media melalui sambungan telepon, Selasa (08/12)

Loading...

“Jadi kita memakai skema menonaktifkan mereka yang reaktif. Mereka tidak bertugas dan lakukan pergantian personil,” sambungnya.T

Tentunya kata dia, dengan catatan calon pengganti harus non reaktif  berdasarkan hasil rapid test.

“Untuk penggantinya, kita ambil dari sisa pendaftar. Jika tidak ada, kita bekerja sama dengan lembaga pendidikan, untuk meminta rekomendasi,” tukasnya.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin menambahkan, petugas KPPS yang reaktif berdasarkan rapid test hanya satu sampai dua orang per TPS.

Sehingga kalaupun tidak mendapatkan pengganti, TPS tetap dapat melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara.

“Di TPS itu memang kekurangan orang. Namun sesuai dengan regulasi bahwa TPS masih bisa melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara, meski dengan lima orang petugas,” tegasnya.

(Diki Setiawan/age)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.