Jelang PSBB di Kota Tasik, Pedagang Telur Diserbu Pembeli Seperti Lebaran

141
0

KOTA TASIK – Menjelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tasik, Rabu (06/05) besok, pasar Tradisional Pancasila dipadati pembeli.

Pantauan di Pasar Pancasila, warga membeli berbagai kebutuhan pokok mulai dari daging ayam, telur, daging sapi, cabai merah, cabai hijau, cabai kriting, bawang merah, putih, beras, kembang kol, terung, wortel, mentimun, kentang, kangkung dan kebutuhan lainnya.

Salah satu kebutuhan yang paling banyak diserbu warga adalah telur ayam.

Seorang pedagang telur, Sandi Nugraha (43) mengatakan, untuk harga telur sempat mengalami kenaikan dari Rp19 ribu naik ke Rp 20 ribu per kg hingga Rp 26 ribu per kg. Lalu, saat ini turun kembali menjadi Rp18 ribu per kg.

Namun, untuk telur kampung masih tetap satuannya Rp2 ribu dan telur bebek Rp 24 ribu per kg.

“Memang kebutuhan telur sekarang ini ada penurunan drastis. Karena pengusaha tidak bisa menjualnya ke luar daerah tapi memenuhi kebutuhan pasar lokal, selama PSBB. Kami mendapatkan pasokan telur sebanyak 8 kwintal dari wilayah Ciamis dan Singaparna, Kabupaten Tasik,” katanya kepada wartawan, Selasa (06/05).

Loading...

Sandi menerangkan, jelang PSBB banyak warga membeli kebutuhan pokok dan sasaran pembelian mereka paling utama telur.

Karena, biasanya para pembeli yang biasanya membeli 1-2 kilogram seharga Rp26 ribu sekarang mereka membeli antara 2-5 kilogram dengan harga Rp18 ribu per kg.

“Turunnya harga telur ayam sekarang ini baru terjadi pada tahun ini di bulan ramadan. Biasa, harga di bulan ramadan turun dan naik antara Rp 22 ribu dan Rp 25 ribu per kg. Dengan anjloknya harga telur memberikan kebahagian bagi masyarakat,” ungkapnya.

“Tapi kenaikan harga itu kadang bisa terjadi sewaktu-waktu di bulan ramadan,” tandasnya.

Sementara pedagang lainnya, Iis Risnawati (46) menuturkan, di bulan ramadan tahun ini ada beberapa kebutuhan pokok telah mengalami kenaikan seperti gula pasir Rp 18 ribu per kg, gula tepung Rp 17 ribu per kg, gula aren Rp 24 ribu per kg.

Sedangkan, untuk bawang merah sekarang harganya Rp 45 ribu perkg, bawang putih Rp 40 ribu per kg, tomat Rp 8 ribu, wortel Rp 8 ribu.

“Untuk kebutuhan pokok memang harganya telah mengalami penurunan dan ada beberapa kebutuhan lainnya masih tetap tinggi meski turun Rp 5 ribu seperti daging sapi dari Rp 120 menjadi Rp 115 ribu. Namun, untuk kebutuhan pokok lainnya masih normal seperti minyak goreng, kol, kentang dan bumbu dapur lain,” paparnya.

(rezza/age)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.