Beranda Pangandaran Jelang Tahun Baru, Jembatan Harus Aman

Jelang Tahun Baru, Jembatan Harus Aman

BERBAGI
NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA AKSES WISATA. Mobil melintas di jembatan sementara Ciputrapinggan yang menjadi akses menuju objek wisata Pangandaran.

PANGANDARAN – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mewanti-wanti Dinas Perhubungan (Dishub) agar menyiapkan strategi untuk mengatur arus lalu lintas libur natal dan tahun baru 2018.
“Kita harus siapkan skenario jika jembatan baru Ciputrapinggan belum bisa digunakan. Artinya kendaraan masih akan tetap melalui dua jembatan sementara,” tutur bupati kemarin (5/12).
Menurut dia, kondisi bantalan jembatan sementara harus dipastikan baik. Sehingga dapat dilalui kendaraan dengan aman dan cepat dilintasi. “Jangan sampai ada kerusakan sehingga harus diperbaiki saat kunjungan ramai. Ini akan menyebabkan kemacetan panjang seperti akhir pekan kemarin. Saya dapat laporan kemacetan lalu lintas sampai ke lampu merah gerbang Pangandaran karena ada perbaikan bantalan. Itu gak boleh terjadi,” ujarnya.
Selain memastikan kelancaran arus kendaraan di kawasan jembatan, bupati juga menginginkan adanya petugas yang siaga di titik-titik rawan kemacetan untuk mengatur kendaraan. “Lalu lintas di dalam kawasan perlu diperhatikan. Karena sering mengakibatkan kemacetan panjang. Harus diantisipasi dengan pengaturan yang baik,” ungkapnya.
Sekretaris Dishub Darma Widjadja mengatakan jembatan Ciputrapinggan direncanakan bisa dilalui saat tahun baru. Pihaknya juga memastikan bantalan jembatan dalam kondisi baik. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kontraktor sebelum tanggal 30 Desember jembatan baru bisa dilalui,” papar dia.
Selain itu, di dalam kawasan wisata, pihaknya akan memberlakukan rekayasa arus lalu lintas. “Kita akan terapkan rekayasa arus lalu lintas. Mungkin ada beberapa jalur yang hanya dilalui satu arah. Namun kita akan berkoordinasi dulu dengan Polres Ciamis,” ungkapnya.
Pihaknya juga akan menerjunkan sekitar 130 anggotanya untuk membantu mengatur arus lalu lintas kendaraan wisatawan bersama Polres Ciamis. (nay)

loading...