Jembatan Amblas Penghubung 2 Kampung di Jamanis Tasikmalaya Lama Tak Diperbaiki

174
0
AMBLAS. Kerusakan jembatan di Desa Karangsembung semakin parah. Warga tidak bisa melalui jembatan tersebut. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA
AMBLAS. Kerusakan jembatan di Desa Karangsembung semakin parah. Warga tidak bisa melalui jembatan tersebut. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

JAMANIS – Jembatan penghubung antar Kampung Cihambirung dan Kampung Timbulsari Desa Karangsambung Kecamatan Jamanis amblas sejak lama. Namun hingga kini jalan tersebut tak kunjung diperbaiki.

Salah seorang warga Darman Kusmana (49) merasa jembatan itu diabaikan. Sebab sudah lama rusak tapi tak kunjung diperbaiki.

“Jembatan itu merupakan salah satu akses utama warga Desa Karangsembung. Akibat amblasnya jembatan itu, warga yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat harus memutar arah ke jalan lain untuk kembali ke rumahnya atau ketika akan bepergian,” ujarnya, Kamis (10/12).

Kata dia, jarak memutar menuju Kampung Cihambirung harus melewati jalan lebih dari kurang lebih satu kilometer. Namun, yang lebih ironis, kata dia, jembatan itu banyak dilalui warga. “Dulu ketika sekolah masih dibuka, anak-anak siswa jalan kaki melalui jembatan tersebut,” kata dia.

Sebelumnya, kata dia, jembatan yang amblas hanya sepertiga jala. Sekarang melebar. “Ada saja beberapa warga yang memaksakan melalui jalan itu dengan pelan-pelan, namun sekarang jalan tersebut ditutup karena dikhawatirkan ada warga yang terperosok,” ucap dia.

Loading...

Baca juga : Pemkab Tasikmalaya Dorong Pemuda Berdaya Saing dan Berwirausaha

Beberapa bulan ke belakang, kata dia, ada warga yang memaksakan melalui jembatan tersebut dengan mendorong motornya. Namun tiba-tiba terperosok ke sungai yang tingginya mencapai 4 meter. Oleh sebab itu, Ia telah mewanti-wanti kepada warga agar tidak memaksakan melalui jalan tersebut.

“Sekarang sudah dihalangi menggunakan bambu, agar warga tidak memaksakan diri untuk melewati jembatan itu. Meminta kepada pemerintahan desa atau pun Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya cepat memperbaiki jembatan tersebut, agar bisa kembali dilalui oleh warga,” kata dia.

Warga lainnya Junadi (53) mengatakan pernah ada seorang pengendara yang melintas jembatan itu. Diduga pengendara memaksakan diri melalui jembatan tersebut. Akhirnya terperosok.

“Pernah ada beberapa aparat pemerintah yang melihat langsung keadaan jembatan. Namun, perbaikan tak kunjung dilakukan. Hanya sekadar melihat-lihat saja, lalu setelah itu pulang lagi,” kata dia.

“Saya harap jembatan ini segera diperbaiki dan jembatan itu sangat penting karena merupakan akses jalan warga. Jadi ini urgent sekali, harus segara diperbaiki,” ucapnya.

Warga lainnya Hasanudin (62) menyebutkan awal mulanya itu berupa bolongan dan tidak diantisipasi. Padahal jika itu saat bolongan masih kecil, lalu diantisipasi tidak separah ini. “Saat ini jalurnya tak bisa lagi dilalui kendaraan yang hendak melintas,” ujarnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.