Beranda Ciamis Jembatan Cikopeng Akan Dibangun Ulang

Jembatan Cikopeng Akan Dibangun Ulang

52
0
BERBAGI

CIAMIS – Kasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Ciamis Andar Iskandar mengatakan pembangunan ulang Jembatan Cikopeng memerlukan dana sekitar Rp 1 miliar.

“Nanti, jembatan itu akan ditangani dengan dibangun baru dan kita lagi pengajuan ke BPBD Ciamis karena masuknya kepada bencana alam. Perkiraan yang diajukan memerlukan anggaran Rp 1 miliar,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya Senin (12/3).

Jembatan Cikopeng terletak di Dusun Karoya Desa Tanjungsukur Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Jembatan itu putus pada Sabtu (10/3) setelah fondasinya tergerus aliran air Sungai Cikopeng.
Saat ini, warga telah membangun jembatan darurat dari bambu agar aktivitas menuju Kecamatan Sukadana bisa kembali dijalankan. Jembatan da­rurat itu hanya bisa dilewati pejalan kaki dana kendaraan roda dua.

“Jalan tersebut sebagai penghubung Kecamatan Sukadana dan Rajadesa sehingga sangat diperlukan oleh masyarakat,” ucap Andar.

Dia mengaku telah meninjau kondisi jembatan yang putus ke lokasi. Rencananya Jembatan Cikopeng akan dibangun ulang dengan panjang delapan meter dan lebar enam meter. Padahal, jembatan lama hanya memiliki panjang enam meter dan lebar lima meter.

Karena berada di atas aliran sungai, jembatan yang dibangun nanti harus benar-benar kokoh. Terutama fondasinya. Rencananya jembatan baru itu akan mulai dikerjakan pada bulan Juni.

Jembatan darurat juga kemungkinan akan diganti lagi menggunakan balok kayu agar lebih kokoh dan bisa dilintasi mobil berbobot ringan. “Pada musim hujan saat ini, memang pembangunan juga sulit dilakukan mengingat air (sungai) juga deras,” katanya.

Andar menjelaskan Jembatan Cikopeng dibangun pemerintah desa pada tahun 1995. Sampai jembatan itu putus, belum pernah mendapat perbaikan. Dia pun mengimbau masyarakat untuk bersabar menunggu pembangunan ulang jembatan direalisasikan.

“Untuk itu masyarakat diharapkan bersabar karena pembangunan jembatan memerlukan tahapan,” harapnya. (isr)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.