Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19%

7.1%

71.1%

Jembatan Cisepat Cikatomas yang Ambruk, Ini Kata Ketua DPRD Tasik

111
0
foto-foto: ISTIMEWA MONITORING. Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi melakukan monitoring ke lokasi Jembatan Cisepat, Cikatomas yang ambruk, Minggu (28/6).

CIKATOMAS – Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi melihat langsung kondisi Jembatan Cisepat di Kecamatan Cikatomas yang ambruk akibat luapan air sungai, Minggu (28/6).

Akibatnya, jembatan yang menghubungkan Desa Cayur dan Desa Sindangasih tidak bisa digunakan aktivitas masyarakat.

Asep mengatakan, dirinya ingin melihat langsung kondisi jembatan yang ambruk karena bencana.

Baca juga : Fase AKB, Pemkot Tasik Godok Aturan Protokol Kesehatan

Termasuk berdiskusi dengan masyarakat terkait dampak dari putusnya jembatan ini dan sekaligus memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar.

“Setelah berdiskusi panjang dengan masyarakat, saya melihat ada indikasi kurang baik, karena pada saat dibangun tujuh tahun lalu dan setelah diresmikan tiga tahun kemudian sudah mengalami kemiringan. Padahal jembatan tersebut bisa bertahan 20-50 tahun, tergantung konstruksi yang sudah disepakati atau diatur pada saat pembangunan,” ujarnya saat menghubungi Radar, Minggu (28/6).

Artinya, kata dia, ketika muncul indikasi dan keheranan dari masyarakat harus didalami lebih jauh.

Kemudian harus dijadikan bahan pelajaran, bahkan tidak menutup kemungkinan jadi temuan ketika jembatan ini harus berusia panjang tapi dengan konstruksi yang tidak baik harus ambruk.

“Ini harus jadi pelajaran. Pertama pemilihan pihak ketiga harus benar-benar memiliki tanggung jawab terhadap anggaran dan masyarakat. Kedua, menjadi bahan pelajaran kalau ada indikasi penyimpangan APH harus turun tangan. Ini dorongan dari kami (DPRD) untuk kita mengambil kejadian ini menjadi pelajaran,” ujarnya, menjelaskan.

Baca juga : Fase New Normal, Polisi Pantau Tempat Wisata di Kota Tasik

Kemudian, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya harus cepat sigap dalam menyikapi bencana ini, salah satunya membangun jembatan darurat untuk aktivitas masyarakat tetap berjalan.

“Saya meminta BPBD untuk memperhatikan penanganan bencana ini secepatnya, memberikan solusi membuat jembatan alternatif dan sementara. Kemudian kita merencanakan membuat jembatan permanen yang betul dari konstruksi bertahan lama dan tidak merugikan semua pihak,” katanya. (yfi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.