Jembatan Cising Akan Diperbaiki Ulang

98
0

SINGAPARNA – Inspektur Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE MSi mengatakan, pemerintah daerah akan memperbaiki ulang Jembatan Ciawi-Singaparna yang diketahui tidak sesuai spesifikasi pada pembangunan dua tahun lalu.

Kata Iwan, pembangunan Jembatan dan Jalan Cising pada Tahun Anggaran 2017 memang ada indikasi kecurangan yang dilakukan oleh oknum.

“Jadi bukan kesalahan dari perencanaan awal, itu justru karena adanya unsur perbuatan melawan hukum. Yang diawali dari praktik subkontrak oleh pihak rekanan dengan cara di bawah tangan, tidak sesuai aturan,” kata Iwan kepada Radar, Kamis (2/5).

Kata dia, berdasarkan temuan Kejati Jabar adanya realisasi anggaran yang spesifikasi teknisnya tidak sesuai dengan apa yang dikontrakan kepada rekanan. Yang menjadi temuan penegak hukum kurang dari unsur spesifikasi sempurna, di luar yang sudah direncanakan.

Iwan mengakui bahwa pada fisik jembatan Cising di Cidahu dan Cibodas Kecamatan Cisayong ada beberapa elemen bahan bangunan yang memang harus diperbaiki.

“Yang harus diperbaikinya yaitu bagian elastomer atau bantalan karet pada jembatan. Ini harus diganti karena terjadi ketidaksesuaian di lapangan. Artinya ini menjadi kewenangan daerah untuk memperbaikinya. Nanti harus dilelangkan kembali untuk perbaikannya,” terang Iwan.(dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.