Jembatan Darurat Diprediksi Selesai Tiga Hari

44

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

Pemerintah Provinsi Jawa Barat langsung bergerak cepat menangani bencana banjir bandang di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Jembatan darurat atau bailey akan segera dibangun untuk membuka akses yang terputus.

Hal itu dituliskan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Instagram-nya, Selasa Siang (6/11). Dia menuturkan Pemprov segera mengirimkan sarana untuk membangun jembatan bailey. “Hari ini (kemarin, Red) segera dikirim instrumen membangun jembatan darurat dengan baja alias jembatan bailey,” tulisnya.

Diprediksi jembatan tersebut, selesai setidaknya tiga hari ke depan. Diharapkan tersambungnya akses yang terputus bisa menjalankan kembali roda ekonomi masyarakat. “Sambil menunggu persiapan pembangunan jembatan yang permanen,” katanya.

Dalam postingannya, RK menghimbau masyarakat Jawa Barat untuk waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana. “Karena sudah masuk musim penghujan. Hatur nuhun,” katanya.

Postingan itu mendapat ribuan komentar dari warganet yang bersifat apresiatif. Seperti yang ditulis akun @deyooot_ yang mengungkapkan terima kasih kepada orang nomor satu di Jawa Barat itu. “Alhamdulillah, hatur nuhun pak @ridwankamil Terbaik memang<3<3#jabarjuara,” katanya.

Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat beserta Satuan Kerja Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) segera mengirim instrumen membangun jembatan darurat dengan baja (Jembatan Bailey).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar Dedi Taufik, mengatakan Arus lalu lintas sementara dari Sindangbarang ke Tasikmalaya dialihkan melalui Pameungpeuk Garut selanjutnya dari arah Pangandaran menuju Sindangbarang dialihkan melalui Tasikmalaya.

“Kejadian terputusnya jembatan sekira pkl. 03.00, Selasa (6/11) pada ruas jalan nasional, panjang jembatan diperkirakan 120 m. Terputusnya jembatan karena pondasi yang terkena gerusan air sungai yang deras, sekitar 60 m,” katanya melalui siaran pers yang diterima, Selasa (6/11).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar Dicky Saromi menyampaikan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang mengguyur beberapa daerah di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dari Pukul 20.00 sampai dengan Pukul 04.00 telah mengakibatkan terjadinya luapan aliran Sungai Cipatujah di Kecamatan Cipatujah. Hal ini menyebabkan sedikitnya tiga kecamatan terendam banjir.

Kecamatan yang terkena dampak adalah Kecamatan Cipatujah, Kecamatan Karangnunggal, dan Kecamatan Culamega. “Hingga laporan ini diturunkan, tercatat sedikitnya 50 KK di Kecamatan Cipatujah terendam banjir, sementara untuk Kec. Karang Nunggal dan Cumaluga masih dalam tahap verifikasi,” katanya.

“Ketinggian air bervariasi, Kecamatan Cipatujah antara 50 cm-1,8 meter pada pukul 01.00. Sedangkan di Kecamatan Karang Nunggal pada pukul 03.00 antara 30 cm, hingga 200 cm,” jelasnya. (rga/ujg/bbb)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.