Jembatan Dobo Baru Terus Dipercantik

166

BANJAR – Jembatan Dobo Baru yang diresmikan beberapa bulan lalu oleh Pemerintah Kota Banjar terus dipercantik. Kini, jembatan di atas Sungai Citanduy itu dihiasi penerangan jalan umum (PJU) bergaya milenial.

“Bagus jembatannya jadi terlihat modern karena ada lampu PJU-nya yang unik. Saya sudah selfie sama teman-teman, bagus banget hasilnya apalagi pas malam hari,” ungkap salah satu warga Dayu Septian Rabu (26/12).

Fikri Aditya, warga lainnya mengatakan dekorasi lampu PJU yang dipasang di jembatan bagus dan menjadi pemandangan unik. Ia bangga pemerintah mau melirik dan menjadikan jembatan memiliki unsur keindahan, tanpa mengurangi sisi manfaatnya.

“Bagus, jembatannya didekorasi dengan lampu warna-warni. Kalau menurut saya pada era modern ini sudah cocok karena zaman sekarang sedang tren selfie dan jembatan itu bisa menjadi salah satu objek menarik untuk dijadikan lokasi selfie,” katanya.

Kepala UPT Ketenagalistrikan Dinas PUPRPKP Kota Banjar Asep Bunyamin mengatakan teknik pemasangan tiang PJU itu dilakukan ahlinya. Sehingga hasilnya tiang PJU tersebut kokoh.

“Teknik pemasangannya juga tidak mudah. Perlu beberapa alat khusus karena memang lokasinya berada di jembatan di atas sungai. Untuk gaya lampunya sendiri kita sesuaikan dengan gaya modern milenial dan di Banjar baru satu-satunya jembatan yang dihias dengan gaya PJU seperti itu,” kata dia.

Menurutnya, Kota Banjar yang berada di perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah merupakan pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat. Untuk itu perlu adanya polesan-polesan seni yang unik untuk mempercantik ruas jalan.

DIPERCANTIK. Jembatan Dobo Baru dipasangi lampu PJU bergaya milenial Rabu (26/12). Banyak pengendara yang sengaja berhenti untuk menikmati suasana jembatan pada malam hari. (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)

“Kita buat sebagus mungkin. Nanti rencananya akan kita pasang lagi lampu warna-warni pada tiang PJU-nya supaya ketika malam hari pemandangan jembatan semakin bagus,” kata dia.

Selain mempercantik lokasi jembatan, lampu PJU bergaya milenial itu difungsikan untuk menerangi jembatan dan membantu penglihatan pengendara saat malam hari.

“Tentu kita terapkan juga tujuan utamanya yakni sebagai penerangan jalan. Namun di sisi lain kita aplikasikan keunikan supaya ada sesuatu yang bagus yang bisa dilihat,” katanya.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga dan memelihara jembatan dengan tampilan PJU-nya bergaya modern tersebut.

“Jangan dirusak dan jangan dikotori apa yang sudah dibangun oleh pemerintah. Jadikan jembatan itu menjadi jembatan yang unik dan membanggakan bagi Kota Banjar. Yeuh di Banjar oge aya jembatan anu alus,” kata dia. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.