Jembatan Gobang Harus Dibangun Ulang

34
RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA RUSAK. Kondisi jembatan Gobang di perbatasan Purbaratu-Manonjaya, Minggu (13/1). Jembatan ini pernah diperbaiki dua tahun lalu.

PURBARATU – Jembatan Gobang di perbatasan Purbaratu—Manonjaya harus dibangun ulang bila ingin awet lebih lama. Bila hanya memperbaiki bagian papan akan cepat rusak lagi.

Anggota Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya Wahid menilai wajar jika Jembatan Gobang hanya bisa bertahan tidak sampai dua tahun. Hal itu karena papan kayu tersebut tidak punya ketahanan yang lama. “Kalau kayu ya begitu, tidak bisa bertahan lama,” ungkapnya kepada Radar, Senin (14/1).

Maka dari itu, jembatan tersebut perlu dibangun ulang sebagaimana jembatan-jembatan lainnya. Upaya tersebut agar tidak mudah rusak dan masyarakat lebih aman dan nyaman. “Kalau dibangun secara permanen kan daya tahannya lebih lama,” terangnya.

Jembatan Gobang, menurut Wahid, dibangun secara sederhana karena dulu tidak banyak yang menggunakan jalur tersebut. Namun, saat ini masyarakat khususnya di Purbaratu dan Manonjaya sudah banyak yang memakainya. “Apalagi infrastrukturnya sudah bagus. Jalannya baik dari Manonjaya maupun Purbaratu sudah hotmix,” ujarnya.

Wahid belum mengetahui berapa anggaran untuk perbaikan jembatan tersebut. Bila instansi terkait tidak punya anggaran, mau tidak mau papan rusak dulu yang diperbaiki. “Karena kalau dibangun ulang pasti butuh anggaran yang besar,” katanya.

Pada prinsipnya jembatan tersebut harus bisa dilalui oleh masyarakat dengan aman. Jangan sampai pemerintah menunggu ada pengendara yang kecelakaan baru bereaksi. “Karena saya lihat kondisinya sangat memprihatinkan, kalau tidak hati-hati yang lewat bisa celaka,” tuturnya.

Salah seorang warga Gobang Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Lastri (22) mengaku sering menggunakan jembatan tersebut ketika ada keperluan ke Manonjaya. Upaya perbaikan atau pembangunan ulang sama-sama baik. “Tapi lebih bagus dibangun ulang, biar lebih kuat,” terangnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.