Jembatan & Rumah di Desa Margaharja Ciamis Disapu Longsor

51
0
ISTIMEWA JEMBATAN PUTUS. Jembatan di Dusun Cipendey Desa Margaharja Kecamatan Sukadana terputus akibat tergerus air Senin (4/1). Warga saat ini menggunakan jalur alternatif sehingga Desa Margaharga tidak sampai terisolasi.
Loading...

CIAMIS – Hujan deras yang melanda Ciamis dan sekitarnya mengakibatkan tanah longsor dan jembatan putus di Kecamatan Sukadana Senin (4/1) sekitar pukul 03.00.

Material longsoran masuk ke rumah Rian Mulyana (27) di Dusun Margasari Desa Margajaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis. Sedangkan jembatan yang terputus berada di Dusun Cipendey Desa Margaharja Kecamatan Sukadana. Panjang jembatannya empat meter dan lebar tiga meter.

Kepala Dusun Margasari Kecamatan Sukadana Agus Fitri menjelaskan, material longsor yang masuk ke dalam rumah Rian berasal dari tebing setinggi lima meter yang longsor.

Longsorannya menimpa menimpa rumah Rian Mulyana, sehingga dindingnya jebol dan lumpur masuk rumah.

Keterangan korban, kejadiannya pukul 03.00. Saat itu, korban sedang tidur. Dia merasakan rumahnya bergetar. Lantas sekeluarga keluar rumah menyelamatkan diri.

Loading...

Baca juga : Tanah Retak Landa 4 Kecamatan di Ciamis, Puluhan Rumah Rusak

“Beruntung kata korban menerangkan kepada saya tidak sampai tertimpa longsoran, hanya tembok jebol dan tanah masuk kedalam rumah merusak barang-barang,” kata Agus saat dihubungi.

Agus menyampaikan, karena sekarang rumah korban tidak bisa ditinggali dan rawan terjadinya longsor lagi, terpaksa keluarga Rian diungsikan ke rumah saudaranya.

Adapun upaya sekarang dilakukan, kata dia, yaitu gotong royong melakukan pembersihan material tanah disertai lumpur di rumah korban.

“Memang di wilayah kami sering terjadi bencana alam, mengingat saat ini hujan yang terus menerus, makanya kami imbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan,” jelasnya.

Agus menambahkan, selain kejadian rumah tertimpa material longsor, ada juga jembatan desa juga terputus karena tergerus air.

Namun itu tidak sampai membuat wilayah di sekitarnya terisolasi karena masih ada jalan alternatif. Lokasi jembatan itu di tetangga desanya yaitu Desa Margaharja.

“Jembatan tersebut tidak bisa dilalui, namun sementara arus kendaran dialihkan ke jalan lain,” kata dia menjelaskan.
Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Cepi Indra Gunawan menjelaskan, pihaknya sudah langsung mengecek ke lokasi bencana.

“Kita imbau kepada masyarakat saat ini karena musim hujan agar waspada karena rawan berbagai kejadian bencana alam, terutama rumah yang dekat tebing,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.