Jeruk Garut Harus Diolah Lebih Kreatif

288
0
PERLU DIOLAH. Calon Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman beserta istri menunjukkan jeruk keprok asal Garut di salah satu perkebunan jeruk di Kecamatan Cigedug Senin siang (14/5).
Loading...

CIGEDUG – Calon Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan jeruk keprok asal Garut mempunyai daya jual yang potensial jika terus dikembangkan.

Saat ini, jeruk tersebut menjadi salah satu varietas unggulan nasional.

“Kalau diolah sekreatif mungkin, saya yakin jeruk Garut ini bisa menjadi trademark yang potensial seperti halnya kopi Garut saat ini,” ujarnya saat berkunjung ke salah satu perkebunan jeruk di wilayah Kecamatan Cigedug Senin siang (14/5).

Menurut dia, untuk meningkatkan trademark jeruk Garut agar lebih diterima masyarakat luas, bisa dengan melakukan pengolahan secara kreatif.

Seperti dijadikan dodol jeruk Garut, coklat jeruk Garut, rujak jeruk Garut, sambal jeruk Garut dan makanan rakyat lainnya.

Loading...

“Kalau dibuat yang unik, masyarakat pasti banyak yang menerima dan menyukainya,” tuturnya.

Potensi jeruk Garut, kata dia, harus terus dikembangkan. Karena di era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), penonjolan identitas lokal bisa menjadi nilai lebih. Termasuk dalam pelestarian dan upaya go global jeruk Garut.

“Seperti kopi Garut, saat ini menjadi komoditas yang diakui memiliki kualitas terbaik dan bersaing di pasar global. Tinggal kita mencoba mengemas itu. Mudah-mudahan pemda ke depan bisa lebih konsen dalam pengembangan jeruk Garut, dalam sisi ekonomi dan pasarnya. Sehingga, jeruk Garut jadi komoditas yang menjanjikan,” katanya. (yna/*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.