Jokowi Sebut Alfatiha jadi Alpateka, Nusron Wahid: Itu Budaya Jawa

18

FIN.CO.ID, Jakarta- Kata ‘Alpateka’ yang diucapkan Joko Widodo (Jokowi) saat membuka MTQ Nasional 2018 di Medan, Sumatera Utara beberapa hari lalu, jadi perbincangan hangat.

Yang seharusnya Jokowi menyebutkan Alfatihah, justru yang diucapkan adalah Alpateka. Ucapan Jokowi ini viral dan jadi perdebatan di sosial media.

Nusroh Wahid mengatakan, ucapan Alpateka yang dikatakan Jokowi merupakan kebudayaan dari Jawa. Nusron mengatakan, kadang-kala orang Jawa mengucapkan sesuatu berdasarkan logatnya.

“Itu budaya Jawa, biasa. Alkamdulillahirobil Alamin. Alkamdulillah. Ya Owoh, Namanya kadang-kadang orang Jowo. Hal biasa nggak perlu dipersoalkan,” ujar Nusron di Istana Bogor, Selasa (9/10).

Kata Nusron, ucapan ayat-ayat Alquran dalam dialeg atau logat tertentu dalam komunikasi sehari-hari tidak dipermasalahkan, yang jadi masalah apabila ucapan itu  ketika terjadi dalam Salat, itu tidak dibenarkan.

“Logatnya orang Jawa ya memang gitu. Kecuali dalam salat itu harus fasih. Wong sampeyan kalau bilang Asar ngga bisa ‘Ngasr’ kok. Bilang makan nggak bisa jadi mangan. Ini karena sudah aksentuasi, logat. Ada yang mempersoalkan seperti itu belum paham anatomi betapa luasnya aksentuasi bahasa di Indonesia ini,” kata Ketua BNP2TKI ini.

Menurut dia, orang yang mempermaslahkan perkataan Jokowi adalah mereka yang tidak mengerti soal multikultural Indonesia dengan berbagai aksen yang beragam dari sejumlah daerah.

“Jadi menurut saya kalau ada yang mempersoalkan seperti itu, ya belum paham tentang anatomi multikulturalnya Indonesia betapa luasnya aksentuasi bahasa di Indonsia ini. Nah dan hanya sedikit orang yang bisa memahami bahasa tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, Jokowi mengajak masyarakat untuk berdoa kepada korban gempa di Sulteng.

“Semoga para keluarga yang selamat diberi kesabaran dan ketabahan. Ala hadiniyah, Alpatekah,” kata Jokowi dalam video yang jadi perdebatan itu. (dal)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.