Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.4%

20.4%

8.4%

66.9%

Jualan Hewan Kurban di Kabupaten Tasik Lesu, Ini Soalnya..

62
0
LESU. Penjual hewan kurban di Desa Sukarame mengeluhkan sepinya pembeli akibat pandemi Covid-19, Senin (20/7).

SUKARAME – Di tengah pandemi Covid-19 penjualan hewan kurban di Kabupaten Tasikmalaya mengalami kelesuan karena minimnya pembeli. Para pedagang memprediksi penjualan hewan kurban tahun ini anjlok.

Penjual hewan kurban di Desa/Kecamatan Sukarame H Dadan mengatakan, dalam satu tahun terakhir ada penurunan tingkat penjualan sapi yang biasanya di 2019 bisa sampai 150 lebih sapi, untuk momen Idul Adha tahun ini hanya bisa menjual 100 ekor sapi.

Baca juga : Rp940 Juta untuk 94.000 Nasi Bungkus di Dishub Kabupaten Tasik Disoal Warga

“Jelas omzet penjualan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan. Karena mungkin masyarakat terdampak ekonomi. Banyak kendala, biasanya di satu kampung itu banyak anggota keluarga atau masyarakat berkurban, iuran bersama. Sekarang cukup sulit, secara umum ada penurunan sekitar 30 persen,” ujarnya kepada wartawan, Senin (20/7).

Lanjut dia, untuk harga hewan kurban seperti sapi memang tetap standar dan stabil seperti tahun lalu. Jenis sapi simental dan limosin harganya masih Rp 25-60 juta.

“Yang Rp 60 juta dengan bobotnya 930 kilogram hampir satu ton. Kebanyakan yang banyak dicari dan dijual sapi yang harganya Rp 20 jutaan,” ungkap dia.

Salah satu pembeli hewan kurban asal Kecamatan Puspahiang, Tohir (50) menuturkan di tengah pandemi Covid-19 ini tetap mencari sapi untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

Baca juga : HEBAT.. Dishub Kabupaten Tasik Bagikan 18.800 Nasi Bungkus per Hari

“Ya belinya yang harga standar dibawah Rp 25 jutaan. Karena masyarakat juga pasti terdampak secara ekonomi. Ini juga iuran keluarga bisa terkumpul uang untuk membeli sapi,” tutur dia.

Menurutnya, secara harga memang tidak jauh berbeda dengan harga sapi di tahun lalu. Jadi tidak ada kenaikan harga secara signifikan. “Ini juga niatnya untuk ibadah melaksanakan kurban berbagi dengan masyarakat dan keluarga,” ujar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.