Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Sekolah Ini Juara Bertahan Pencak Silat di O2SN Kota Tasik

16
0
SEMANGAT. Kepala SDN Cibeunigeulis Inpres Dra Noneng Hanifa Haop (keenam, kanan) bersama guru dan atlet pencak silat semangat untuk mencapai target juara tingkat Provinsi Jawa Barat. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibunigeulis Inpres Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya mengenalkan dan melestarikan seni bela diri pencak silat kepada siswa. Bahkan sekolah tersebut menjadi juara bertahan dalam berbagai kejuaraan pencak silat.

Kepala SDN Cibunigeulis Inpres Dra Noneng Hanifa Haop mengatakan sebagai upaya mempertahankan dan memperkenalkan pencak silat kepada siswa, sekolah mengadakan ekstrakurikuler bela diri asli Indonesia tersebut. Dengan pencak silat, sambungnya, bisa melatih siswa untuk berolahraga, membekali ilmu bela diri sekaligus mempelajari budaya Indonesia.

“Ekskul pencak silat ini kita kembangkan agar anak-anak milenial mengenal warisan seni dan budaya Sunda,” katanya kepada Radar, Rabu (9/10).

Selain itu, sambungnya, pencak silat ini menjadi sarana siswa untuk meraih prestasi non akademik. “Kami mendorong siswa untuk berprestasi. Selain itu mengajak orang tua untuk bersinergi dalam mengoptimalkan minat bakat siswa di bidang pencak silat ini,” ujarnya.

Siswa yang berbakat di bidang pencak silat diberikan kesempatan untuk berlatih di perguruan dan mengikuti ajang olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN).

Hasilnya, kata ia, SDN Cibunigeulis bisa meraih juara 1 pencak silat O2SN tingkat Kota Tasikmalaya sejak 2016 hingga 2018. Sedangkan tahun 2019 menjadi juara 2.

“Targetnya bisa menjadi juara di tingkat provinsi. Makanya kita fokus mencari bibit siswa dan dibina secara optimal,” katanya.

Guru Olahraga SDN Cibeunigeulis Didi Sutardi SPd mengatakan adanya ekstra­kurikuler pencak silat bisa membentuk karakter anak yang kuat.

“Ilmu bela diri pencak silat ini bisa melatih mental dan meningkatkan percaya diri anak,” katanya.

Atlet Pencak Silat SDN Cibeunigeulis Kaila Mafia Anjali mengaku senang mendapatkan kesempatan untuk mempelajari bela diri pencak silat. Ia sudah berlatih bela diri sejak jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga sekarang dan bergabung di perguruan pencak silat Pusaka Mekar Saputra.

“Alhamdulillah saya bisa menjadi juara 2 pencak silat di O2SN Kota Tasikmalaya,” katanya. Selain mendulang prestasi, sambungnya, dengan mempelajari pencak silat bisa menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.