Jubir KPK: Wali Kota Tasik Saat Ini Sedang Diperiksa

672
0
Ali Fikri. Juru Bicara KPK
Ali Fikri. Juru Bicara KPK

KOTA TASIK – Kabar bahwa Wali Kota Tasikmalaya, inisial BBD, diperiksa Komisi Pemberantasan Koruspsi (KPK), Jumat (23/10) siang dibenarkan Plt Jubir, Ali Fikri.

Kata dia, saat ini proses pemeriksaan masih dilakukan di lembaga antirasuah tersebut.

“Benar. Datang (BBD). Masih riksa (pemeriksaan),” katanya kepada radartasikmalaya.com melalui ponselnya.

Singkat dia, hingga kini BBD belum ditahan walaupun statusnya tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi suap terkait dengan pengurusan DAK Tasikmalaya Tahun Anggaran 2018.

Baca Juga : KPK Resmi Tahan Wali Kota Tasik, Terkait Kasus Ini..

“Saat ini pemberkasan perkara masih terus dilakukan mas. Kalau ada penahanan akan kami informasukan lebih lanjut,” singkatnya.

Sekadar diketahui, KPK pada 26 April 2019 telah mengumumkan BBD sebagai tersangka dalam pengembangan kasus suap terkait pengurusan DAK. Sampai saat ini, dia belum ditahan KPK.

BBD diduga memberi uang total sebesar Rp400 juta terkait dengan pengurusan DAK Tasikmalaya Tahun Anggaran 2018 kepada Yaya Purnomo dan kawan-kawan.

Purnomo merupakan mantan kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan.

Purnomo telah divonis 6,5 tahun penjara ditambah denda Rp200 juta subsider satu bulan dan 15 hari kurungan karena terbukti menerima suap dan gratifikasi dalam pengurusan DAK dan Dana Insentif Daerah di sembilan kabupaten.

Dalam penyidikan kasus itu, KPK juga telah menggeledah Kantor Wali Kota Tasikmalaya, Kantor Dinas PUPR Tasikmalaya, Kantor Dinas Kesehatan Tasikmalaya, dan RSUD Dr Soekardjo, Tasikmalaya.

Terpisah, Pengacara Wali Kota Tasik yang dihubungi melalui ponselnya tidak aktif. Diduga proses pemeriksaan sedang berjalan hingga kini.

Sedangkan pantauan radartasikmalaya.com di Bale Kota Tasik, roda pemerintahan terap berjalan. Pelayanan masyarakat juga tetap berjalan normal seperti hari kerja biasanya.

Di Bale Kota, tadi siang sekira pukul 10.00 WIB, Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Slamet Soedarsono melakukan kunjungan kerja.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.