Dewan Minta Pejabat Internal Jadi Prioritas

Juli, Lelang Jabatan Dibuka

198
0
Loading...

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya segera melaksanakan lelang jabatan dalam mengisi tiga kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II yang ditinggal pensiun tahun ini.

Kepala Bidang Kompetensi dan Administrasi Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya Asep Nandang Rasadi SIP mengatakan akan ada tiga eselon II yang pensiun tahun ini. Maka dari itu pihaknya sudah menyiapkan lelang jabatan yang direncanakan dilaksanakan pada Juli atau Agustus tahun ini.

“Nanti akan ada lelang jabatan dengan se­leksi terbuka bagi yang bersedia mengisi posisi jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut,” ujarnya kepada Radar, Senin (21/5).

Lelang jabatan dengan seleksi terbuka ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). “Seleksi terbuka itu, pendaftar terbuka bagi PNS yang berada di luar Pemkab Tasikmalaya juga,” bebernya.

Syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar minimal memiliki golongan IV A dan harus sudah pernah menjabat pada jabatan administrator atau setara dengan eselon III.
Sejauh ini pihaknya terus mempersiapkan diri dalam menggelar lelang jabatan ini.

Loading...

Koordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), UNPAD, BKD Provinsi Jawa Barat untuk membentuk panitia seleksi (pansel) sebagai pengganti Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dalam seleksi terbuka ini.

Selain mempersiapkan jelang lelang jabatan, pihaknya juga menunggu intruksi Bupati Tasikmalaya yang sedang cuti pada Pilgub Jabar 2018. “Sepertinya kita juga akan melakukan asesmen ulang terhadap semua pejabat tinggi dalam mendapatkan penempatan yang lebih cocok dengan kompetensinya. Yang dampaknya pemerintah terus maju,”paparnya.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Usman Kusmana mengatakan adanya pensiun massal harus segera ditanggapi serius dalam mengisi semua kekosongan sesuai dengan peraturan. “Saya harapkan tahapannya dimulai secepatnya agar ketika ada yang pensiun bisa segera diisi. Kemudian ketika jauh-jauh hari juga pelaksanaannya bisa jauh lebih matang,” paparnya.

Dia berharap dalam lelang jabatan ini panitia seleksi mampu mencari orang-orang terbaik dan sesuai untuk ditempatkan pada posisi yang kosong.

“Saya harapkan lelang jabatan ini menjadi salah satu sarana perbaikan para pejabat yang ada di Kabupaten Tasikmalaya,” katanya.

Memang lelang jabatan ini terbuka, dalam artian PNS dari daerah lain bisa ikut menjadi peserta. Akan tetapi, Komisi I berharap yang menjadi prioritas untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut dari pejabat internal. Karena sejauh ini pejabat internal pemkab juga banyak yang memenuhi kompetensi. “Tapi kalau ada pejabat dari luar dengan potensi bagus juga jangan sampai ditutup aksesnya,” pungkasnya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.