Jumlah Daftar Pemilih Tambahan Pada Pemilu 2019 Berkurang

49
0
Junaedin Basri

TAROGONG KALER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut mencatat jumlah daftar pemilih tambahan (DPTb) pada Pemilu 2019 berkurang dari jumlah data pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Garut sebelumnya. Hal tersebut diutarakan Ketua KPU Kabupaten Garut Junaedin Basri.

“Untuk jumlah pemilih terjadi penurunan sebanyak 219 pemilih dari DPTb sebelumnya,” kata dia kepada wartawan di kantornya Rabu (20/2).

Dengan berkurangnya DPTb, jumlah hak suara pada Pemilu 2019, baik itu Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) yang awalnya ditetapkan pada rapat poleno ke-1 sebanyak 1.895.779 orang, kini menjadi 1.895.560 orang. “Pengurangan ini masih belum pasti karena masih ada pleno ke-3 sebelum pencoblosan. Diperkiran DPTb ini bisa bertambah, bisa berkurang,” terangnya.

Ia mengatakan ada beberapa alasan berkurangnya jumlah daftar pemilih. Diantaranya ada yang pindah domisili, pindah memilih di luar Garut atau meninggal dunia. “Dari hasil pendataan, kebanyakan warga yang memilih pergi ke luar kota dan tidak mencoblos di Garut,” terangnya.

Pemilih yang pindah ke luar Garut, dipastikan tidak dapat memilih calon legislatif tingkat Kabupaten Garut. Sedangkan memilih caleg tingkat provinsi dan pusat termasuk memilih anggota DPD masih bisa jika domisilinya masih masuk daerah pemilihan calon tersebut. “Kalau pemilihnya ke luar provinsi tidak bisa memilih caleg, hanya bisa memilih presiden dan wakil presiden,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.