Jumlah Koperasi di Banjar Menurun

94
0
PELATIHAN. Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengajak pengurus koperasi dan UKM melek internet dan teknologi Kamis (20/6). (Anto Sugiarto / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banjar Saifudin menyebut jumlah koperasi yang terdata ada sekitar 81 lembaga. Dari jumlah itu, hanya 51 lembaga yang aktif.

“Kita melihat ada penurunan jumlah koperasi karena mereka tidak melakukan RAT (rapat anggota tahunan). Dan tergerus dengan lembaga yang lain,” terang Saifudin saat pelatihan kapasitas SDM pada UKM dan koperasi Kamis (20/6).

Dia menduga penyebab berkurangnya koperasi juga karena masih berkutat pada simpan-pinjam. Padahal, kata dia, jika ingin mengembangkan koperasi para pengurus harus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. “Kita dorong (dalam pelatihan) supaya mereka mampu mengembangkan koperasinya,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengajak seluruh pengurus koperasi tidak terpaku pada konsep simpan-pinjam saja. Harus memiliki inovasi dan mengikuti perkembangan zaman.

Pengurus koperasi, kata dia, harus melek internet dan teknologi dalam mengembangkan dan memajukan usahanya. Karena persaingan begitu pesat.

“Karena saat ini sudah zamannya teknologi dan internet, sehingga jangan ketinggalan dengan yang lain,” ungkapnya.

Dirinya berharap ke depan para pelaku koperasi dan UKM bisa sinergi dalam memajukan dan mengembangkan usahanya. Pemerintah pun akan mendukung. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.