Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.1%

71%

Jumlah KTA Golkar Terbanyak

311
0
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA SERAHKAN. Ketua DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya Drs Erry Purwanto MSi (kanan) saat menyerahkan dokumen persyaratan partai kepada KPU Kabupaten Tasikmalaya beberapa hari lalu.

SINGAPARNA – Berdasarkan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, keanggotaan DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya menjadi paling banyak dari 16 partai yang menyerahkan dokumen persyaratan keikutsertaan pada Pemilu 2019.
Ketua DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya Drs Erry Purwanto MSi menjelaskan jumlah Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Golkar yang diserahkan ke KPU sebanyak 2.384 anggota. “Jadi paling banyak di antara partai lainnya yang ikut serta dalam Pemilu 2019 di Kabupaten Tasikmalaya,” terang Erry saat menghubungi Radar, kemarin (19/10).
Adapun sisa keseluruhan anggota di luar Sipol yang masih menggunakan KTA dengan KTP lama bukan elektronik ada sebanyak 6.616 anggota. Sementara 2.384 anggota sudah memakai KTP-el. “Jadi jumlah anggota ada sebanyak 9.000 orang,” jelas wakil ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini.
Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum dan Pengawasan Zamzam Jamaludin mengatakan data keanggotaan yang diinput DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya di dalam Sipol mencapai 2.384 anggota. “Dan jumlah 2.384 anggota merupakan data keanggotaan partai yang terbanyak dibandingkan dengan partai lainnya yang ikut serta dalam pemilu 2019 di Kabupaten Tasikmalaya. Sementara jumlah anggota partai yang paling sedikit adalah Partai Idaman sebanyak 1.025 anggota,” terang Zamzam.
DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya, tambah dia, masuk urutan keenam yang menyerahkan dokumen persyaratan ke KPU. “Namun dari kelengkapan dokumen persyaratan menjadi urutan yang keempat dari 16 partai yang menyerahkan dokumen,” ungkapnya.
Banyaknya jumlah keanggotaan sebuah partai, ungkap dia, menandakan solidnya kepengurusan partai tersebut dalam mengorganisir keanggotaannya yang dilengkapi dengan by name by address sesuai dengan Sipol.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaran Pemilu diatur secara teknis di dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2007 tentang verifikasi faktual, pendaftaran dan penelitian administrasi jumlah minimun keanggotaan satu parpol yang harus dimiliki di tingkat kabupaten jumlahnya harus mencapai 1.000. “Atau istilahnya 1/1000 dari jumlah penduduk di kabupaten tersebut,” terang dia. (dik)

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.