Jumlah ODP Terus Naik, Dewan Minta Diberi Sembako

49
0
Candra Wahyudi, Anggota Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya
Candra Wahyudi, Anggota Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA – Anggota Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Candra Wahyudi meminta pemerintah tidak lepas perhatian terhadap warga yang dinyatakan berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19.

“Saya minta pemerintah harus memperhatikan warga yang berstatus ODP, mulai dari kesehatannya termasuk kebutuhan pokoknya selama masa dalam karantina. Karena mereka 14 hari ke depan harus berdiam diri di rumah tanpa aktivitas atau bahkan mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya kepada Radar, Minggu (29/3).

Menurutnya, pemerintah juga harus memahami dan melihat kondisi warga yang dinyatakan ODP corona dan diminta isolasi di rumah selama 14 hari.

Mereka tetap memerlukan kebutuhan pokok untuk sehari-hari, apalagi warga yang hanya mengandalkan kerja harian untuk mendapatkan penghasilan.

“Di sini pemerintah harus peka dan jangan hanya menetapkan status, harus segera menurunkan bantuan berupa kebutuhan pokok untuk warga yang dinyatakan berstatus ODP, sehingga mereka tetap bertahan di rumah selama 14 hari untuk isolasi,” katanya, menjelaskan.

Kemudian, lanjut dia, pemerintah pun harus aktif menyosialisasikan kepada masyarakat, khususnya yang ada warga berstatus ODP. Sehingga masyarakat tidak mengucilkan atau menganggap yang ODP adalah hal yang tidak baik.

“Ya jaga jarak memang perlu, tapi tidak sampai mengucilkan mereka yang ODP. Karena virus corona bukan merupakan aib, benar ini (corona) mematikan, tapi tetap bisa disembuhkan,” ujarnya.

Candra pun menyayangkan pemerintah daerah yang sampai saat ini belum menyiapkan anggaran maksimal dalam penanganan Covid-19. Padahal, wabah tersebut sudah benar-benar ada di Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya selaku Badan Anggaran (Banggar), sampai saat ini belum ada pembahasan anggaran yang akan digunakan untuk penanganan Covid-19,” katanya.

Sementara itu, jumlah warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) corona di Kabupaten Tasikmalaya terus melonjak. Dalam website sigesit119.tasikmalaya.go.id pada Minggu (29/3) pukul 16.40 WIB, jumlah ODP mencapai 230 orang dan PDP mencapai tujuh.

Jumlah tersebut pun menaik signifikan hanya dalam beberapa jam, pada pukul 19.10 jumlah yang ODP bertambah menjadi 265 orang dan PDP delapan.

Saat dikonfirmasi Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya dr Heru Suharto MMKes melalui sambungan telepon tidak diangkat. (yfi/obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.