Jumlah Ormas dan LSM di Pangandaran Meningkat

229
0
EKSIS. Anggota salah satu LSM mengikuti kegiatan di Pangandaran, Jumat (5/7). Kesbangpol berencana membentuk bidang khusus LSM dan ormas.

PARIGI – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pangandaran menegaskan jumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Pangandaran terus bertambah.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Pangandaran Solih AP mengatakan saat ini ada 53 LSM dan ormas yang sudah terdaftar dan terverifikasi. ”Jumlah itu meningkat dari 48 organisasi di tahun 2018, ” ujarnya kepada Radar, Jumat (5/7).

Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir jumlah LSM dan ormas mengalami peningkatan, setiap tahunbya ada lima sampai enam organisasi yang dibentuk.

”Sebenarnya masih banyak LSM dan ormas yang belum terdaftar, mungkin jumlahnya sampai 60-an,” kata dia menerangkan.

Soleh memaparkan Kesbangpol tidak melakukan jemput bola dalam mendata LSM maupun ormas, mereka hanya meenerima pendaftaran. ”Padahal hanya menyerahkan data dan berkas saja dan itu pun tanpa dipungut biaya,” ungkap dia.

Menyikapi maraknya LSM dan ormas, pihaknya akan mengembangkan kelembagaan dengan membentuk bidang khusus menangani LSM dan ormas. ”Untuk penganggarannya pun khusus, bisa digunakan pembinaan, pelatihan dan lain-lain,” jelasnya.

Sedangkan tahun ini, pihak Kesbangpol tidak menganggarkan kegiatan pembinaan dan lain-lain. ”Kalau yang sekarang hanya menempel saja, sama sekali tidak ada kegiatan,” tuturnya.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan LSM dan ormas sangat penting dalam melakukan pengawasan kinerja pemerintah. ”Hanya memang harus disertai dengan koordinasi,” singkat dia mengakhiri. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.