Jumlah Pengangguran Di Banjar Capai 5.337 Orang

245
0
Loading...

BANJAR – Pengangguran di Kota Banjar mencapai lima persen dari jumlah penduduk atau sekitar 5.337 orang sesuai data BPS Agustus 2017. Menyikapi itu, Pemerintah Kota Banjar membuka job fair di Banjar Convention Hall (BCH) Rabu (21/11).

“Kenapa setiap tahun jumlah pengangguran naik? Tentu harus ada solusinya. Apa, apa, apa. Saya pikir harus ditanamkan kesadaran pola pikir kepada pencari kerja,” ujar Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih kepada wartawan usai membuka job fair kemarin.

Dia menerangkan dalam job fair pemerintah kota bekerja sama dengan mitra perusahaan. Ada sekitar 2.000 lowongan pekerjaan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. “Insyaallah saya dengan pak Nana (wakil wali kota terpilih, Red) ke depan bisa mewujudkan tenaga kerja yang berkompeten dengan memberikan 1.000 pelatihan bagi pencari kerja yang bisa langsung mandiri,” jelasnya.

Kata dia, hal ini harus dilakukan supaya para pencari kerja bisa merubah pola pikir. Bukan mencari kerja, tapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan. Itu diharapkan dapat mengurangi pengangguran.

Kasi Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat Edi Junaedi SSos mengakui jumlah pengangguran di Jawa Barat masih tinggi. “Kota Banjar juga masih tinggi. Sekitar 5 persen sekian atau 5.337 sesuai data BPS Agustus 2017,” ungkapnya didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar Ruswa Sumarna.

Loading...

Kata dia, tingginya jumlah pengangguran disebabkan beberapa faktor. Diantaranya jumlah penganggur setiap tahun semakin meningkat sehingga tidak seimbang dengan jumlah lowongan pekerjaan dan tidak sesuai kualitas dan kuantitas kriteria tenaga kerja.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Banjar dalam mengurangi jumlah pengangguran dengan mengadakan job fair. Dengan harapan bisa mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan yang mencari pekerja. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.