Jumlah Siswa SD Belum Ideal

15
Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya BELUM IDEAL.Jumlah siswa SD di Kabupaten Pangandaran masih belum ideal. Akibatnya beberapa sekolah pun sudah dimerger.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN – Saat ini Jumlah murid SD di beberapa sekolah di Kabupaten Pangandaran masih belum merata, bila dilihat dari jumlah rombongan belajar (rombel) secara keseluruhan hingga bulan Juli 2018.

Menurut Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran Waan Waryono mengatakan bila mengacu kepada Permendikbud No 14 tahun 2018 tentang PPDB, jumlah rombel yang ideal itu maksimal bejumlah 28 rombongan dan minimal 24 rombongan. ”Bila dibawah minimal, maka jumlah siswa di sekolah tersebut bisa dinyatakan belum ideal” jelasnya kepada Radar saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (1/11).

Untuk presantasi antara jumlah SD yang sudah ideal dan belum ideal, menurut dia, diperkirakan masih seimbang. ”Masih 50-50, biasanya yang belum ideal itu di SD yang terletak di daerah pegunungan.” jelasnya.

Akibatnya beberapa sekolah ada yang dimerger atau disatukan karena kekurangan murid. ”Sejak DOB Pangandaran dresmikan, total ada 11 SD yang sudah dimerger, tersebar di Kecamatan Parigi, Cigugur, Mangunjaya, Sidamulih, Pangandaran, Langkaplancar dan Kalipucang,” terangnya.

Upaya tersebut juga dilakukan untuk efesiensi dan efektivitas anggaran, sehingga anggaran bisa digunakan unuk peningkatan mutu sarana dan prasarana. ”SD yang sudah dimerger berada di satu komplek atau berdekatan,” tuturnya.

Sementara untuk jumlah murid SD di Kabupaten Pangandaran secara kelseluruhan mencapai 32.613. Ada penurunan dibandingkan tahun 2017 yang mencapai sekitar 33.000. ”Kalau penyebab menurunya jumlah murid SD saat ini, saya kira ada hubunganya dengan angka kelahiran di pangandaran, jadi seperti ada kontradiktif antara program KB dan juga pendidikan. Selain itu kemungkinan ada siswa yang meninggal, sakit dan lain-lain,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, jumlah siswa SD terbanyak ada di Kecamatan Padaherang dengan total 5.350 siswa. Sementara jumlah sekolahnya mencapai 43. ”Sementara yang terendah adalah Sidamulih dengan total 2.330, sementara jumlah sekolahnya sebanyak 18,” tandasnya. (den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.