Juru Parkir RSUD Kota Banjar Mogok Bekerja

136
0
SEMRAWUT. Beberapa kendaraan parkir di pinggir jalan menuju RSUD Kota Banjar Senin (4/3). Parkir tidak tertata karena belasan juru parkir RSUD melakukan aksi mogok kerja. (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Petugas parkir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjar mogok kerja. Alasannya, karena ada sekitar sebelas petugas parkir yang di-PHK (pemutusan hubungan kerja).

“Yang di-PHK itu ada sebelas orang termasuk saya. Yang sebelas orang lagi (juru parkir) merasa iba dan melakukan aksi solidaritas. Kami semua merupakan warga lingkungan RS Kota Banjar,” ungkap salah satu juru parkir Eman Suparman Senin (4/3).

Eman menyebut petugas parkir juga mogok kerja karena menuntut pihak RSUD menyamakan honornya sesuai besaran UMK Kota Banjar.

“Petugas bekerja dari Senin sampai Sabtu. Berangkat dari pukul 07.00 sampai dengan pukul tiga sore hanya digaji satu juta (rupiah) yang dibayar per tanggal 1 dan 15. Tetapi kadang baru dibayar tanggal 17, 18 bahkan 19 setiap bulannya,” terang ketua RW setempat ini.

Bukan hanya itu, juru parkir yang melakukan aksi mogok juga menuntut agar diberikan asuransi ketenagakerjaan dan kesehatan.

Eman bersama petugas parkir lainnya berharap pengelolaan parkir dikembalikan seperti dahulu. Dikelola oleh warga.

“Mending dikelola kembali sama masyarakat. Kalau nggak pun minimal disamakan dengan perusahaan yang dulu. Karena yang terdahulu itu bisa memenuhi kewajibannya kepada karyawan sesuai dengan UMK,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kasubag Humas RSUD Kota Banjar Adang Permana mengatakan soal aksi mogok urusannya dengan pengelola parker, bukan langsung dengan manajemen RSUD. Parkir di rumah sakit ditangani oleh pengelola atau pihak ketiga.

“Tadi (kemarin, Red) sudah saya konfirmasi juga kepada pengelola bahwa pemecatan (PHK) itu merupakan indisipliner karena mereka (juru parkir yang di-PHK) melanggar aturan disiplin dan sudah beberapa kali diberi surat teguran. Contoh melanggar parkir karena merokok di area RSUD,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.