Kabar Gembira! Air Citarum Akan Bisa Langsung Diminum

82
0

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono meresmikan mesin pompa pengolahan air bersih di Kampung Bojong Desa Sukamukti, Katapang, Kabupaten Bandung, Minggu (24/2).

Dalam kesempatan itu Mayjen Tri sekaligus membuka lomba perahu karet dan kayak di wilayah Sektor 7 Satgas Citarum Harum.

“Kita perlu melihat ke belakang, kenapa Program Citarum Harum dilakukan, karena sudah pernah disampaikan bahwa sungai Citarum merupakan sungai terkotor di dunia,” kata Pangdam dalam sambutannya.

Pangdam menceritakan, program Citarum Harum ini sebetulnya sudah dimulai tahun 2010. Namun dikerjakan tanpa ada sinergitas antarunsur terkait sehingga hasilnya belum signifikan.

Pangdam III/Siliwangi saat itu, Doni Monardo yang kini menjabat kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), pun mengambil insiatif.

“Jadi pada saat itu beliau menghadap Presiden Joko Widodo melaporkan, Pak ini ada masalah di Jawa Barat jadi Citarum ini sungai terkotor di dunia, dampaknya sangat luas Pak yaitu masyarakat yang dulunya mencuci di air Citarum, masyarakat yang dulunya mengambil air di Citarum untuk memasak kini rusak dan tercemar,” ulas Pangdam Tri seperti dilansir dari¬†RMOL Jabar.

Kondisi sungai Citarum kian parah karena banyak pohon sepanjang hulu sungai ditebang. Akibatnya sedimen atau tanah masuk ke dalam sungai sehingga air mengalir tidak terlalu deras menuju hilir. Di sisi lain, perilaku masyarakat membuang sampah ke sungai.

“Bukan hanya sampah, bangkai binatang pun dibuang ke sungai akhirnya apa, apabila ada anak kecil mandi-mandi ke sungai itu akan terkena penyakit,” katanya.

Melihat laporan itu, Presiden Jokowi langsung merespon dan menurunkan tim.

“Presiden mengeluarkan Peraturan Presiden No. 15 tahun 2018 tanggal 14 Maret 2018, melalui Perpres inilah kita kerja bersinergitas, yang ditunjuk sebagai Dansatgas adalah Gubernur Jawa Barat, kemudian Wakil Pangdam III/Siliwangi sebagai penertiban dan penataan ekosistem dan pemeliharaan lingkungan, Bapak Kapolda sebagai penegakan hukum,” jelasnya.

Kodam III/Siliwangi fokus menertibkan mulai hulu sampai dengan hilir dengan cara membagi beberapa sektor di antaranya sektor 7 ini. Bagian hulu sungai juga mulai ditanami pepohonan. Kemudian pembersihan danau Cisanti dari sampah maupun limbah pabrik.

“Sesuai dengan arahan dan perintah Bapak Presiden Joko Widodo, beliau katakan dalam waktu tujuh tahun Citarum harus bagus dan ini akan ditunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia bisa, Indonesia bukan bangsa yang kecil, Indonesia bukan bangsa yang cengeng dan saya yakin masyarakat pasti bisa,” jelasnya.

Setahun kurang sehari ternyata sudah bisa dilihat hasilnya. Sungai Citarum kembali menjadi sumber kehidupan masyarakat banyak. Tak hanya itu, melalui CSR-CSR yang sekarang diresmikan, air sungai Citarum juga bisa langsung diminum, sesuai harapan Presiden.

Peresmian ditandai penandatanganan prasasti mesin pengolahan air. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soebandono bersama pengusaha yang memberikan CSR, camat dan RT, RW setempat berkesempatan mencicipi langsung air Citarum melalui proses pengolahan air bersih di Sektor 7 Satgas Citarum Harum yang dipimpin oleh Dansektor Kolonel Ka Purwadi.[wid/Rmol] 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.