Kabar Gunung Galunggung Meletus

297
0
Gunung Galunggung sampai saat ini dalam kondisi normal. Kabar di medos bahwa Gunung Galunggung meletus dan hujan batu itu adalah hoax atau tidak benar.

TASIK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menjelaskan bahwa informasi di media sosial dan grup Whatsapp menyebut Gunung Galunggung meletus adalah hoax atau tidak benar. Karena sampai Jumat (8/12) status Gunung Galunggung masih normal.

“Itu tidak benar. Apalagi hujan batu adalah hoax,“ ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya EZ Alfian saat dihubungi Radar Jumat (8/12).

BPBD, kata Alfian, sudah mengecek ke Gunung Galunggung dan mendapatkan penjelasan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa Gunung Galunggung dalam kondisi normal.
“Sudah dinyatakan oleh petugas PVMBG yang bertugas di Gunung Galunggung bahwa tidak ada apa-apa sama sekali,” ungkapnya.

Soal ramainya gambar yang diperbincangkan di media sosial, kata Alfian, bukan di Gunung Galunggung.
“Untuk itu saya tidak mengerti. Yang jelas itu bukanlah di Gunung Galunggung karena saya juga kenal persis seperti apa Gunung Galunggung,” ujar dia.

Alfian mengimbau masyarakat bila ada informasi-informasi yang sumbernya kurang selektif dan rasional tidak serta merta harus percaya begitu saja.

“Alangkah baiknya dilakukan pengecekan langsung utamanya ke kantor BPBD karena tidak akan memberikan informasi yang sembarang informasi dan Insya Allah akurat, karena kami mendapatkannya dari narasumber yang bersentuhan dengan Gunung Galunggung langsung,” ujarnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menegaskan isu yang menyebut Gunung Galunggung meletus tidak benar alias hoax.

“Isu yang mengatakan Gunung Galunggung meletus disertai hujan batu adalah hoax, tidak benar,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_BNPB Rabu malam (6/12).
Sutopo menjelaskan bahwa benda-benda yang beterbangan di lereng Gunung Galunggung karena angin kencang dari awan kumulonimbus. Sutopo pun mengatakan tidak ada hujan batu. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.