Kabareskrim Ancam Polisi yang ‘Bermain’ Kasus

6
Kabareskrim Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto. foto; Desyinta Nuraini/jpc

JAKARTA – Para reserse tampaknya panas dingin dengan pimpinannya yang baru, Kabareskrim Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto.

Bagaimana tidak, baru saja dilantik pekan lalu, Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) itu sudah ancang-ancang melakukan pembenahan.

Terutama terhadap penyimpangan dalam menangani kasus. Arief mewanti-wanti jangan sampai para reserse bermain-main terhadap kasus yang ditangani.

“Jika Saudara sudah mulai menyimpang, saya yang pertama kali menangkap Saudara,” ancam Arief kepada reserse di seluruh Indonesia saat menggelar video conference di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (23/8).

Sebab, lanjut dia, tugas reserse adalah memberi kepastian hukum kepada masyarakat. Penegakan hukum harus dilakukan secara objektif. Pedoman hukum sebagai panglima tertinggi pun harus dipegang.

“Tidak ada lagi bahasa saya lakukan perintah ini dari pimpinan. Perintah kita adalah hukum. Perintah kita supaya ini berjalan baik dan benar, supaya tidak ada penyimpangan. Dasar kita hukum dan peraturan perundang-undangan,” tegasnya

Arief pun berpesan apabila para atasan di satuan serse menyimpang dari aturan hukum, bisa langsung dilaporkan secara berjenjang atau langsung kepada dirinya.

“Kalau diganggu dengan siapa pun, saya akan berada di depan mereka, menjaga mereka,” sebutnya.

Kata mantan Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri itu, jangan pernah takut untuk dicopot jika berbuat benar.

“Lebih baik kita dicopot karena menegakkan kebenaran daripada dicopot karena melakukan penyimpangan atau melakukan kesalahan atau kebodohan,” pungkas Arief.

(dna/ce1/JPC)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.