Beranda Tasikmalaya Kabupaten Tasik Masih Sakit, Ruhimat: Ade Harus Berani Bawa Perubahan

Kabupaten Tasik Masih Sakit, Ruhimat: Ade Harus Berani Bawa Perubahan

186
BERBAGI
H Ruhimat

SINGAPARNA – Dua periode kepemimpinan Uu Ruzhanul Ulum, Kabupaten Tasikmalaya ‘masih sakit’. Banyak yang harus dibenahi mulai dari birokrasi dan perencanaan pembangunan. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat kepada Radar, Minggu (25/3).

Ruhimat memiliki catatan aspek apa aja yang harus diperbaiki untuk membawa pemerintahaan yang lebih sehat. Membenahi birokrasi baik dalam lingkungan pemerintahaan maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Harus ada evaluasi terhadap para pejabatnya supaya profesional dalam menjalankan pekerjaannya. “Saya rasa sejauh ini profesionalisme birokrasi belum dirasakan dengan baik,” ujarnya.

Dengan kurang matangnya birokrasi, berdampak terhadap perencanaan pembangunan. Sementara perencanaan pembangunan semuanya berpusat di eksekutif dan BUMD.

“Yang namanya perencanaan pembangunan itu harus komprehensif, sehingga perencanaan lebih terpadu dengan pengembangan wisata, pendidikan dan pembangunan ekonomi masyarakat termasuk infrastruktur penunjang,” terangnya.

Sejauh ini DPRD dalam hal perencanaan kurang diajak bicara. Bahkan tidak jarang apa yang menjadi masukan dan catatan strategis DPRD kurang diperhatikan. “Saat ini peran DPRD hanya sebatas pertimbangan yang mepet, seperti anggaran,” katanya. Padahal DPRD memiliki aspirasi dari masyarakat yang berkaitan dengan pembangunan Kabupaten Tasikmalaya lebih baik.

Diharapkan juga pemerintah segera melakukan tata ulang atau rotasi mutasi pejabat aparatur sipil negara (ASN) dan BUMD. Termasuk memperbaiki jalur komando ASN, karena banyak kejadian besar yang pejabat lambat mengetahuinya.

Ruhimat berharap besar kepada Ade Sugianto yang saat ini menjadi Plt Bupati Tasikmalaya untuk mengobati kondisi sakitnya Pemkab Tasikmalaya selama dua periode ini.

“Saya berharap dan yakin wabup yang sekarang menjadi Plt Bupati mampu untuk mengobati sakitnya pemerintahaan dan harus berani untuk membawa perubahan di Kabupaten Tasikmalaya yang sakit ini, karena DPRD siap membantu,” terangnya.

Ruhimat juga optimis dengan kapasitas Ade Sugianto bisa menjadi obat bagi Kabupaten Tasikmalaya selama dua periode ini. Karena dia saat ini memiliki kewenangan dan kebijakan untuk membawa kabupaten jauh lebih baik. (yfi)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.