Kaderisasi Jadi Catatan Fatayat Jabar

162
0
Hj Affi E Navilah
Loading...

TASIK – Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Barat akan menyelenggara­kan konferensi wilayah (konferwil) dalam memilih ketua baru periode 2019-2024. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 13-14 Juli di Hotel Ibis Trans Studio Hotel Bandung.

Harapan pun muncul dari sejumlah cabang, agar terjadi perubahan signifikan di tubuh badan otonom NU tersebut.

Ketua Fatayat NU Kota Tasikmalaya Hj Affi Endah Navilah mengatakan konferwil tersebut harus menggambarkan peristiwa demokratis, dalam mencari figur pemimpin serta pengurus baru. Terutama dalam mengakomodir beragam potensi di lingkungan NU, bahkan menjadi media jenjang kader. “Misalnya mampu mengakomodir kader-kader dari Alumni IPPNU atau lain sebagainya,” ucap Affi kepada Radar, Jumat (12/7).

Dia berharap Konferwil Fatayat Jawa Barat tersebut bisa melahirkan pemimpin yang merupakan kader teruji. Mampu memimpin Fatayat menjadi organisasi yang memiliki peran dalam menanggapi permasalahan perempuan. “Kita ketahui persoalan perempuan hari ini seperti trafficking, kesehatan reproduksi, nasib buruh perempuan serta kesempatan mendapatkan pendidikan,” katanya memaparkan.

Ke depan, kata Affi, pekerjaan rumah Fatayat Jawa Barat tentunya dalam mengkaderisasi, koordinasi dan revitalisasi peran perempuan dalam konteks berbangsa dan bernegara. Perempuan harus hadir dan melek terhadap kondisi negara hari ini. “Peran perempuan harus semakin dirasakan di tengah masyarakat, sebab kita memiliki andil di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” harapnya.

Selain itu, kata dia, Fatayat harus mampu menghadirkan berbagai program konstekstual yang dibutuhkan anggota Fatayat dan masyarakat umum. Serta mampu menjalin kerjasama dengan pihak lain. ”Dan ini harus terasa sampai tingkat cabang, karena selama ini seolah terasa hanya ditingkat pusat dan provinsi. Supaya Fatayat secara intelektual harus mampu mewarnai perubahan di masyarakat,” ungkapnya. (kim/igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.