Kades Akan Diawasi Ketat di Pilkada

28
0
Mereka mengumpulkan data terkait kepala desa terpilih dan itu kami jadikan bahan untuk fokus pengawasan kami kedepanya.” Iwan Yudiawan Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran siap mengetatkan pengawasan Kepala Desa dalam Pilkada 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan pihaknya sudah menurunkan kader partisipatif saat pelaksanaan Pilkades serentak kemarin. ”Mereka mengumpulkan data terkait kepala desa terpilih dan itu kami jadikan bahan untuk fokus pengawasan kami kedepanya,” tuturnya kepada Radar, Jumat (20/12).

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah ada calon kepala desa yang menjadi pengurus atau berafiliasi dengan salah satu partai. ”Itu kami sedang invetarisir, akan kami lakukan pengkajian,” ujarnya.

Iwan tidak menyebutkan dengan pasti apakah laporan yang masuk sudah ditemukan kepala desa yang berafiliasi atau belum. ”Kami belum memeriksa satu persatu laporan itu, karena masih ada kegiatan,” jelasnya.

Jika nantinya ada temuan, maka kades tersebut akan diawasi dengan ketat, karena dihawatirkan bisa menyalahgunakan kekuasaan menggiring masyarakat dalam mendukung salah satu calon. ”Kita akan mencegah, jangan sampai itu terjadi,” ujarnya.

Iwan berharap kades terpilih yang baru dilantik beberapa hari lalu, bisa mentaati aturan-aturan, jangan sampai berhasrat untuk menggiring massa. ”Jangan sampai hal itu terjadi, konsekuensinya ditanggung sendiri,” imbaunya. (den)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.