Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Kades Harus Berinovasi Manfaatkan Dana Desa

232
0
IMBAU. Kepala Bidang Pemdes, Agianto Ahmad Tahir mengimbau kades untuk merealisasikan dana desa sesuai kebutuhan masyarakat. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya, Agianto Ahmad Tahir SSTP MSi meminta kepala desa untuk menyesuaikan realisasi dana desa (DD) dengan kebutuhan masyarakat.

“Sebelum melakukan pembangunan, kepala desa harus melihat dan mendengarkan dulu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sehingga apa yang dibangunnya sangat bermanfaat,” ujarnya kepada Radar, Kamis (16/5).

Kata dia, banyak yang bisa dibangun menggunakan dana desa. Mulai dari sarana olahraga dan infrastruktur penunjang lainnya.

“Kades harus mampu menciptakan kegiatan dalam membangun desa sebagai inovasi dan terobosan baru. Sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya kepada Radar, Kamis (16/5).

Selain infrastruktur, kata dia, penggunaan dana desa pun bisa digunakan dalam penunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

Seperti pembinaan dan pelatihan masyarakat atau pengelolaan objek wisata yang berdampak tumbuhnya ekonomi di desa tersebut.

Lanjut dia, memang setiap desa memiliki karakteristik berbeda-beda. Sehingga penggunaan dana desa bisa menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat desa itu sendiri. Sehingga tidak perlu meniru pembangunan di daerah lain apabila masyarakat tidak membutuhkannya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.