Kades Harus Pantau Pendatang ke Pangandaran

82
0
PEMBAHASAN. Pemkab Pangandaran melakukan pembahasan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19, Jumat (3/4). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata meminta kepala desa (kades) untuk aktif melakukan pemantauan kepada warganya yang baru datang dari kota-kota besar dan masuk zona merah penyebaran Covid-19.

“Saya minta para kepala desa melakukan pendataan pemudik atau pendatang dari daerah zona merah penyebaran virus corona, karena mereka sudah masuk status ODP dan harus dipantau terus,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (3/4).

Baca juga : Buruh Pabrik di Pangandaran Belum Dilengkapi APD

Sampai saat ini, kata dia, data masuk kepada pemerintah daerah hanya mereka yang melaporkan dan melakukan pemeriksaan secara sukarela berdasarkan imbauan. Namun, diprediksi masih banyak warga yang baru datang tapi tidak melakukan pemeriksaan dan laporan.

“Jadi sekarang harus benar-benar ditelusuri semua yang baru datang, sehingga datanya pasti untuk pemantauan,” ujarnya, menjelaskan. “Saya akan panggil seluruh kepala desa secara bergantian untuk menangani soal Covid-19, salah satunya dalam pendataan warga yang baru datang dari daerah zona merah.

Hal itu untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” katanya, menambahkan. Kata Jeje, di perbatasan seluruh warga yang baru datang dari zona merah diminta untuk mengisi formulir untuk menyatakan kesanggupan mengisolasi diri secara mandiri.

Baca juga : Tak Ada PDP dan Positif Corona di Pangandaran

“Kita harapkan mereka mematuhi apa yang telah disepakati untuk isolasi diri itu,” ucapnya. Jeje pun sudah meminta TNI/ Polri dan unsur pengamanan lainnya untuk berjaga di perbatasan. Sehingga memantau keluar masuknya kendaraan ke wilayah Pangandaran.

“Diharapkan pandemi Covid19 segera berakhir dan tidak masuk ke wilayah Pangandaran. Alhamdulillah sejauh ini di kita belum ada yang PDP atau positif, semuanya masih ODP,” ucapnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.