Kades Harus Pintar Cari Duit

100
0

PANGANDARAN – Sebanyak 62 dari 68 kepala Ddesa terpilih dari hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 30 November lalu, resmi dilantik Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata. Satu kepala desa dinyatakan gagal dilantik karena tidak bisa hadir dengan alasan sakit.

Dalam kesempatan tersebut, Jeje menegaskan kades terpilih jangan sampai terjebak dalam rutinitas kantor, seperti membuat surat, mengurus Alat Tulis Kantor (ATK) dan lain-lain.

”Jangan sampai aktivitas kepala desa ini hanya sebatas administrasi saja,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (19/12).

Menurut dia, masyarakat tidak perlu dan tidak mau tahu hasil penilaian administrasi, tetapi mereka lebih menginginkan adanya sarana dan fasilitas umum yang layak.

”Jadi masyarakat ini pastinya lebih menginginkan infrastruktur dan jalan bagus,” ucapnya.

Ia mengimbau kepala desa untuk pintar mencari sumber anggaran bagi pembangunan di desa. ”Kalau anggaran untuk pembangunan tidak teranggarakan di APBDes, maka kepala desa ini harus pintar mencari sumber anggaran lain,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Jeje juga tidak mengharapkan adanya dikotomi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. ”Tidak boleh ada pilih-pilih, ini pendukung saya, itu bukan pendukung saya,” jelasnya.

Ia meminta kepada semua kepala desa fokus dalam bekerja, demi kemajuan desa masing-masing. ”Hambatan dan tantangan pasti selalu ada, tapi tetaplah berpikir untuk kemajuan desa,” imbaunya.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyrakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani menuturkan sebanyak lima kades yang tersisa akan dilantik pada bulan Januari mendatang. ”Termasuk yang gagal dilantik hari ini, akan dilantik tahun depan,” ujarnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.