Kades Karyajaya Bayongbong Garut Ditahan Kejaksaan Gara-gara Ini..

451
0

TAROGONG KIDUL – Kejaksaan Negeri (kejari) Garut menahan Es, kepala Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong. Dia diduga melakukan penyelewengan anggaran dana desa (ADD) tahun 2017.

“Jadi kades ini sudah beberapa bulan kami tetapkan tersangka. Kami tahan karena sudah dua kali dipanggil tidak datang, sekarang kita langsung tahan,” ujar Kepala Kejari Garut Sugeng Hariadi kepada wartawan di kantornya Kamis (19/3).

Baca juga : Pemkab Garut Tetapkan Status KLB Corona

Menurut dia, tersangka diduga menggunakan ADD untuk keperluan pribadi, bukan untuk pembangunan. Kerugian negara diperkirakan hingga Rp 400 jutaan dari anggaran dana desa Rp 1,2 miliar. “Modusnya dengan pemalsuan pertangungjawaban dana desa yang telah berjalan,” katanya.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Garut Deny Marincka Pratama mengatakan berdasarkan hasil penyidikan, tersangka telah melakukan dugaan tindak pidana korupsi dana desa mencapai Rp 414 juta. “Anggaran yang digelapkan tersangka ini diambil dari berbaga sumber anggaran desa, salah satunya pembangunan fisik,” katanya.

Pelaku bermodus membangun jalan lingkungan, tetapi pembangunannya fiktif. Tidak pernah dilaksanakan. Total anggaran pembangunan fiktif mencapai Rp 175 juta. “Aksi korupsi jaling (jalan lingkungan) ini sempat terendus warga dan tersangka mengembalikan Rp 160 juta. Tetapi uang untuk pengembalian itu diambil dari dana desa tahun berikutnya (2018),” terangnya.

Setelah pihaknya melakukan audit, ditemukan adanya penggelapan anggaran. “Dari pengakuan pelaku, uang yang digelapkan itu untuk keperluan pribadi. Sampai saat ini belum diganti,” terangnya.

Bukan hanya pembangunan fiktif, tersangka juga melakukan korupsi pada kegiatan lain, seperti renovasi kantor desa, pembangunan irigasi dan kegiatan lainnya yang totalnya mencapai Rp 350 juta. “Kalau dugaan korupsi ini diketahui dari hasil pemeriksaan Inspektorat. Banyak bangunan tidak sesuai spek dan pelanggaran lainnya,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.