Kades Leuwibudah Disanksi Teguran

331
0
Illustrasi
Loading...

SINGAPARNA – Camat Sukaraja Pambudi mengatakan bahwa Kepala Desa Leuwibudah Encang Priatna sudah diberikan sanksi teguran secara lisan dan tertulis oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sukaraja terkait foto bersama Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sambil menunjukkan simbol empat jari dan memakai atribut pasangan calon.

“Kami sudah bertemu dengan Kepala Desa Leuwibudah Encang Priatna. Dia mengaku tidak ada niat ikut kampanye dan tidak sengaja. Maksud ingin difoto secara spontan saja,” kata Pambudi saat dihubungi Radar, Rabu (25/4).

Sebalumnya kecamatan sudah mengingatkan kepada para kepala desa dalam setiap rapat koordinasi (rakor) bersama Panwascam dan para kepala desa agar hati-hati jangan selfie dan melanggar aturan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau kepala desa dalam Pilgub Jabar 2018.

Hari ini (26/4), rencananya Pemerintah Kecamatan Sukaraja akan memanggil semua kepala desa untuk diberikan arahan dan pemahaman kembali soal netralitas ASN serta kepala desa dalam pemilu.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan saat ini proses pemeriksaan pelanggaran Pilgub Jabar 2018 yang dilakukan terhadap kepala desa di Kecamatan Sukaraja diserahkan ke Panwascam Sukaraja. “Nantinya di proses kemudian hasil laporannya dilaporkan. Kemudian kita sampaikan lagi ke Inspektorat untuk tindak lanjutnya,” paparnya.

Loading...

Menurut Dodi, pelanggaran yang dilakukan oleh kepala desa tersebut berkaitan dengan netralitas ASN sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Karena yang melakukannya adalah kepala desa.

Inspektur Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE mengatakan jauh-jauh hari sudah dilakukan sosialisasi bahwa kepala desa dan ASN dilarang terjun pada politik praktis yang sedang berlangsung saat ini, Pemilihan Gubernur Jawa Barat. “Apalagi ada temuan ASN atau kepala desa yang terlibat dalam kampanye berarti ada pelanggaran dan akan segera menindaklanjutinya,” terangnya.

Saat dikonfirmasi terhadap Kepala Desa Leuwibudah Kecamatan Sukaraja Encang Priatna terkait sanksi yang diberikan atas pelanggaran berfoto dengan Cagub Deddy Mizwar melalui sambungan teleponnya tidak aktif. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.