Kades: Pemilihan Sudah Sesuai Prosedur

27
0
PENJELASAN. Kepala Desa Sukamukti Budi Haryono memberi penjelasan soal pemilihan kepala dusun di kantornya Selasa (20/8). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
PENJELASAN. Kepala Desa Sukamukti Budi Haryono memberi penjelasan soal pemilihan kepala dusun di kantornya Selasa (20/8). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Proses pemilihan perangkat desa atau kepala dusun Tembungkerta sudah sesuai aturan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa (Kades) Sukamukti Budi Haryono.

Proses pemilihan dari mulai tahapan penjaringan, persyaratan hingga seleksi sudah dijalankan. “Proses penjaringan bulan Juli dan ada dua calon. Tentu ada persyaratan dan berkas yang harus dipenuhi oleh calon pada waktu itu,” ujarnya kepada wartawan di kantornya Selasa (20/8).

Dia mengakui ada sedikit kesalahan yang dilakukan panitia saat proses administrasi penilaian. Berdasarkan peraturan wali kota (Perwal), nilai paling tinggi ratusan, sedangkan yang muncul waktu itu ribuan.

“Panitia langsung mengganti nilainya dengan yang asli (sesuai perwal). Hari Senin (19/8) sudah dilakukan pelantikan. Karena sudah ada rekomendasi dari camat,” katanya.

Menurut dia, pelantikan dilakukan karena sudah tidak ada lagi masalah dalam proses pemilihannya.

Salah seorang tokoh masyarakat Tembungkerta Yudi mengatakan dilantiknya Eno sebagai Kadus Tembungkerta merupakan harapan masyarakat.

“Kalau memang ada masalahm jangan main ke atas tapi selesaikan di bawah (masyarakat). Mari kita duduk bersama menyelesaikan permasalah ini, biar clear,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, beberapa aktivis di Kota Banjar mendatangi kantor Kecamatan Pataruman Senin (19/8). Mereka melakukan audiensi dengan Camat Pataruman Dedi Suryadi di ruang kerjanya.

Firosul Haq, salah satu calon kepala dusun Tembungkerta menduga ada yang tidak beres dalam proses pemilihan kepala dusun.

“Saya sudah melaporkan ke desa dan dilakukan pertemuan waktu itu. Katanya tunggu akan dilakukan klarifikasi dulu,” katanya. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.