Kades Sukamaju Cihaurbeuti Luruskan Gakin di Ciamis yang Ngaku tak Tersentuh Bantuan

1177
0

CIHAURBEUTI – Uha (71) yang sekarang tinggal di Dusun Tanjungasih  05/06 Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, mengaku tak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah.

Pernyataan Uha diluruskan oleh Kepala Desa (Kades) Sukamaju Kecamatan Cihaur, Dede Engkuh.

Kata Dede, Uha dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya adalah warga Dusun Desa RT 9/3 Desa Sukamaju Kecamatan Cihaur Kabupaten Ciamis.

Namun, sejak 20 tahun lalu, Uha pindah ke Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti Karena memiliki kebun di Dusun Tanjung Asih. Sedangkan istrinya, Sarwiti (60) tetap tinggal di Desa Sukamaju.

Berita terkait : Gubuk Gakin di Ciamis Ini Belum Pake Listrik & Tak Pernah Tersentuh Bantuan

“Sebenarnya, Ia (pa Uha, red) dapat  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Tapi itu diberikan kepada istrinya di Desa Sukamaju. Karena memang secara KTP warga Sukamaju,” terang Dede.

“Mengenai bantuan sekarang yang terdampak corona, memang tidak dapat, karena dia (Uha) kan sudah dapat bantuan BPNT. Jadi tidak boleh double bantuan,” sambung Dede.

Loading...

Dede menambahkan, di dalam Kartu Keluarga (KK) dan KTP, status pa Uha dan Sarwiti adalah suami istri. “Jadi tidak bisa satu keluarga dapat dua pos bantuan,” tandasnya.

“Pa Uha ini kadang-kadang suka pulang ke istrinya di Desa Sukamaju. Di Sukasetia ini, dia (Pa Uha) itu tinggal lama disana kadang suka membajak sawahnya,” tutur Dede.

Dede menjelaskan, bahwa kalau Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) itu untuk mengcover yang belum dapat PKH dan BPNT.

“Jadi, persolanya yang membingungkan itu, Uha tinggalnya di Desa Sukasetia, sementara asli KTP-nya di Sukamaju,” tuntasnya.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.