Kalah Bersaing, Giant Jabodetabek Tutup

195
0
FIN BERBURU DISKON. Sejumlah pengunjung sedang berbelanja di Giant Mampang Jakarta (24/6). Sebanyak 6 supermarket Giant di Jabodetabek dikabarkan tutup pada 28 Juli 2019.

JAKARTA – Munculnya ritel-ritel modern dengan harga yang menarik, dan kehadiran toko offline membuat supermarket Giant tutup di beberapa titik di Jabodetabek pada akhir Juli mendatang.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta menilai, penutupan gerai Giant karena disebabkan kalah bersaing dengan ritel sejenis.

“Salah satunya, persaingan yang cukup ketat. Pasti akan makan korban,” kata Tutum Minggu (23/6).

Menurut dia, tak hanya ritel-ritel modern yang bermunculan tapi juga suburnya toko online. Nah atas kondisi ini tidak bisa membuat Giant bertahan.

“Bukan hanya sesama ritel modern saja, tapi juga produk-produk makanan yang dijual di online. Banyak faktor ya, seperti manajemen, persaingan dan lain-lain,” ucap dia.

Senada dengan Tutum, Ekonom INDEF Ahmad Tauhid mengatakan bahwa memang saat ini sangat sulit sekali Giant untuk bertahan di tengah gempuran minimarket-minimarket modern ataupun toko offline yang harganya juga mulai bersaing. “Ini juga menjadi ancaman bagi group-group ritel besar lainnya mengingat secara umum pertumbuhan Januari-Mei 2019 rata-rata sebesar 8,4 persen, namun beberapa tahun sebelumnya pertumbuhan ritel biasanya diatas 10 persen,” ujar Tauhid Minggu (23/6).

Dia menjelaskan, hal ini bukan hanya soal harga namun juga keterjangkauan dari sisi pasar maupun strategi bisnis yang dijalankan.

“Kalau Giant kurang maksimal memanfaatkan jaringan offline-nya, maka mau tidak mau akan tergerus dengan perkembangan teknologi yang ada,” ucap dia.

Apalagi sekarang biaya transportasi dan biaya untuk ke ritel besar jauh lebih mahal dibandingkan dengan transportasi dengan teknologi digital saat ini. Ekonom INDEF Nailul Huda menilai bahwa sektor ritel saat ini memang sangat rentan. Faktor pemicunya tentu saja beralihnya konsumsi primer ke konsumsi yang sifatnya leisure (kesenangan) seperti travelling ataupun teknologi.

Informasi yang beredar ada enam supermarket Giant yang dikabarkan tutup pada 28 Juli 2019. Adalah Giant Ekspres Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Jatimakmur, Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur, dan Giant Ekstra Wisma Asri. (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.