Kampanye Tak Terdaftar Akan Dibubarkan

20

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis akan membubarkan pelaksanaan kampanye yang tidak didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Termasuk bila rute perjalanan kampanye diubah sepihak akan ditertibkan.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Pada pasal 68 ayat (3) disebutkan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Bawaslu provinsi atau Bawaslu kabupaten/kota, berwenang: a. menertibkan atau membubarkan kegiatan kampanye yang dilaksanakan oleh pelaksana kampanye yang tidak terdaftar di KPU, KPU provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota; dan b. mengubah rute perjalanan yang telah ditentukan tanpa persetujuan dari pelaksana kampanye, apabila pada saat keberangkatan dan/atau kepulangan peserta kampanye terjadi gangguan keamanan/ketertiban lalu lintas.

“Bila kampanye tidak terdaftar di penyelenggara KPU, maka sesuai aturan bisa dibubarkan,” terang anggota Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas Jajang Miftahudin.

Maka dari itu, Bawaslu meminta seluruh pelaksana kampanye calon anggota legislatif (caleg) dari pusat hingga daerah untuk mendaftarkan pelaksanaan kampanye dan tim kampanye ke KPU. Paling lambat satu haru sebelum melaksanakan kampanye. Adapun masa kampanye dimulai sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019. “Kami berharap semua proaktif untuk melapor kepada penyelenggara pemilu,” ucapnya. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.