Kampung Pelag Kini Sudah Punya Sarjana

315
0

SUKARESMI – Universitas Garut (Uniga) bersama PT Indonesia Power berhasil mengentaskan buta huruf yang selama menyelimuti warga Kampung Pelag Desa Sukalilah Kecamatan Sukaresmi.

“Awalnya hampir 90 persen warga di Kampung Pelag ini tidak bisa baca tulis, tetapi setelah ada perhatian dan pembinaan dari Uniga dan Indonesia Power selama 8 tahun, buta huruf ini hampir tidak ada,” ujar Kepala Desa Sukalilah Asep Haris kepada wartawan, Rabu (16/5).

Asep menerangkan, awalnya hingga tahun 2010, dari total 1.049 orang warga Kampung Pelag, baru satu orang yang memiliki ijazah sekolah dasar (SD). Sedangkan sisanya tidak menyelesaikan pendidikam dasar itu secara tuntas.

”Sejak awal memang kami terkenal sebagai daerah buta huruf,” kata dia.

Kondisi seperti ini, kata dia, terjadi karena kondisi sekolah baik itu SD, SM dan SMA kondisinya jauh dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Dengan kondisi seperti itu anak-anak di kampong ini malah lebih memilih membantu orang tuanya di kebun ketimbang sekolah.

Menurut dia, kondisi seperti ini berakhir setelah Indonesia Power dan Uniga datang dan memberikan bantuan untuk mendirikan sekolah di Kampung ini.

“Alhamdulillah setelah terus diperhatikan dan dibantu masyarakat di kampung ini sebagian bisa baca tulis,” terangnya.

Tercatat dalam kurun satu windu terakhir, kata dia, masyarakat yang lulus madrasah ibtidaiyah (MI) ada 175 orang, SMP 65 orang dan sarjana ada tiga orang.

“Sekarang juga ada tujuh orang yang melanjutkan kuliah dari kampung ini. Jadi lebih maju pendidikannya,” terangnya.

Rektor Universitas Garut Dr Ir Abdusy Syakur Amin MEng mengaku sangat gembira sekali melihat kondisi masyarakat Kampung Pelag saat ini yang meningkat hingga 100 persen khususnya dalam segi pendidikan.

“Sekarang beda jauh dari yang dulu, sekarang lebih maju,” paparnya.

Syakur mengatakan, saat ini masyarakat Kampung Pelag sudah peduli terhadap pendidikan, buktinya banyak anak-anak yang memilih sekolah ketimbang membantu orang tuanya berladang.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya akan menyiapkan bantuan beasiswa untuk siswa yang ingin melanjutkan ke tingkat sarjana. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.