Akan Ada PAW, Ruswa Sudisman Gantikan Amin

Kanker Tenggorokan, Dewan Wafat

477
ISTIMEWA WAFAT. Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mendoakan anggota DPRD Ciamis Amin yang meninggal sebelum dikuburkan di Dusun Cipeti Kecamatan Rancah, Minggu (11/8).

CIAMIS – Setelah seminggu dilantik, anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Amin meninggal dunia di RSUD Ciamis, Minggu (11/8). Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu menghembuskan napas terakhir di usia 53 tahun setelah menderita kanker tenggorokan selama setahun.

Aman SE, kakak Amin menerangkan, adiknya masuk ke RSUD Ciamis pada Sabtu (10/8) sekitar pukul 18.00 dan meninggal kemarin sekitar pukul 40.20. Adiknya mengeluh sakit tenggorokan yang sudah dideritanya sekitar tahun lalu. Akibat kanker tenggorokan itu, Amin sering sesak napas dan suaranya mengecil karena mengalami penyempitan pita suara.

“Saya tidak menyangka adik saya akan meninggal dunia secepat ini. Dia orangnya memang sabar dan menahan sakit juga sudah hampir satu tahun,” ujar Kepala Desa Rancah di Kecamatan Rancah ini.

Politisi yang tinggal di Dusun Rancagirang RT 01 RW 01 Desa/Kecamatan Rancah itu sudah dikuburkan di pemakaman keluarga di Dusun Cipeti Kecamatan Rancah. Amin meninggalkan seorang istri Dra Erlin Herlina dan empat anak yang masih sekolah. “Kami sekeluarga menerima takdir ini, semoga adik saya diterima di sisi Allah SWT,” ujar dia.

Rekan Amin di DPRD, Ogi Permadi menerangkan, Amin baru dilantik sebagai anggota DPRD pada 5 Agustus 2019. Periode 2019-2024 merupakan periode kedua bagi Amin sebagai wakil rakyat. “Karena memang keluhannya sakit tenggorokan sejak lama. Jadi bila berbicara dengan saya juga pelan,” ujar Ogi yang sudah kenal Amin sejak lima tahun ke belakang.

Menurut Ogi, Amin merupakan seorang legislator yang santun dan punya tatak rama yang baik serta pendiam. “Saya tahu dia orangnya baik, bahkan pintar sekali,” ucapnya.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Dr H Agus Fatah Hidayat SIP MSi menerangkan, Amin meraih 5.428 suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) 4. Dengan meninggalnya Amin akan ada pergantian antar waktu (PAW) di DPRD sebagaimana Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 6 Tahun 2017 tentang PAW Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Calon anggota legislatif yang akan menggantikan Amin adalah Drs H Ruswa Sudisman MSi yang meraih 2.091. “Nanti pelantikannya menunggu usulan dari Ketua DPRD Ciamis dan kami menindaklanjutinya paling telat lima hari dilaksanakan itu dari surat pengajuan usulan,” kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.