Kapan Pembebasan Lahan Tol Bataci Trase Kota Tasik Dimulai? Begini Kata Bapelitbangda..

132
0
radartasikmalaya.com
Ilustrasi Tol Bataci
Loading...

KOTA TASIK – Proyek strategis nasional Tol Bandung, Tasik, Cilacap (Bataci) trase Kota Tasikmalaya tahun ini kabarnya akan dimulai pembebasan lahannya.

Tol idaman warga Kota Tasik ini memiliki panjang 17,7 kilometer yang melintasi 4 kecamatan. Yaitu Mangkubumi, Kawalu, Cibeureum dan Tamansari.

Kapan akan dimulai proses pembebasan lahan tol tersebut? ternyata masih abu-abu alias belum jelas.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tasik, belum lama ini mengakui bahwa waktu pembebasan lahan itu masih menunggu kepastian dari BPN Kanwil Jabar dan Kementerian PUPR.

Hal senada dibenarkan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya, Dindin Saefudin Ahmad.

loading...

“Kami pun sama belum mengetahui kapan pastinya pembebasan lahan tol itu. Malah saya tahu akan dibebaskan tahun ini dari akang,” katanya kepada radartasikmalaya.com, Senin (08/02/21.

Terang dia, yang ditemui di halaman Bale Kota Tasik, hingga hari ini belum pernah ada pertemuan lagi membahas tol tersebut bersama pihak Pemprov Jabar maupun Kementerian PUPR.

“Terakhir kita melakukan pembahasan soal tol ini bersama Kementerian PUPR ya waktu di Hotel Horison, akhir tahun lalu, bareng camat dan lurah yang wilayahnya terlintasi trase,” terangnya.

“Lalu di Hotel Santika juga akhir tahun lalu bersama pihak Pemprov Jabar membahas persiapan penloknya juga. Jadi sejak saat itu kami khususnya Bappelitbangda belum ada lagi pembahasan soal itu,” sambungnya.

Jadi, tambah dia, pihaknya belum bisa berkomentar lebih banyak soal progres pembangunan Tol Batica.

Karena belum ada surat ataupun informasi dari pusat yang menyatakan waktu pembebasan lahannya.

“Jadi informasi yang kamu dapatkan masih seperti yang dulu. Sebanyak 16 kelurahan di 4 kecamatan yang terlintasi. Walaupun demikian, tol tersebut memang jadi dibangun melintasi Kota Tasik,” tambahnya.

Apalagi, jelas Dindin, dengan tol melintasi wilayah Kota Tasik menjadikan para investor besar telah bersiap berinvestasi.

Seperti halnya akan dibangun superblock yang saat ini tengah hangat diperbincangkan.

“Ya dengan kemudahan aksesbilitas dengan target 2024 sudah terbangun dan terlaksana, kita juga kebetulan di Pemkot lagi revisi tata ruang yang harus disingkronkan dengan proyek strategis nasional. Yaitu mendukung akan ada apa di sekitar exit tol tersebut,” jelasnya.

Seperti di exit tol Jalan Sewaka, tukas Dindin, saat ini sedang dibahas rencana peruntukan kawasan industri walaupun dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) saat ini sudah ada lokasi kawasan industri. Yaitu di Jalan Mangin.

“Tapi rencananya kita akan memperluas kawasan yang peruntukan untuk kawasan industri dengan beberapa nomenklaturnya. Yaitu memang di sebelah selatan wilayah. Ini untuk mendukung proyek strategis nasional,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

BERITA TERKAIT :
Pembebasan Lahan Jalan Tol Bataci di Kota Tasik Dimulai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.