Kapolsek Ciawi Tasik Turun Tangan Makamkan Jenazah Covid-19

58
0
Loading...

KABUPATEN TASIK – Kondisi keterbatasan petugas memakamkan jenazah Covid-19, membuat Kapolsek Ciawi, Polresta Tasikmalaya, Kompol Dies Ratmono turun langsung memimpin pemakaman.

Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, Kapolsek bersama 5 petugas pemakaman ikut memakamkan jenazah di Kampung Sanghiangteureup, Desa Pakemitan Kidul, Rabu (13/01) siang.

Dies mengakui dirinya terjun langsung memakamkan jenazah Covid karena keterbatasan petugas saat pemakaman, khususnya sesuai dengan SOP pemakaman jenazah Covid-19.

“Sebenarnya masyarakat yang biasa memakamkan banyak, namun yang tahu sesuai protokol kesehatan Covid-19 tak banyak. Selain itu masih banyak warga yang tidak bersedia atau takut,” ujarnya kepada wartawan.

Terang dia, jeterlibatannya melakukan pemakaman itu sekaligus untuk mengedukasi masyarakat agar jangan takut jika dilakukan sesuai aturan.

Loading...

Maka, dirinya turun tangan dalam pemakaman sekaligus mengedukasi masyarakat ihwal pengurusan jenazah pasien positif Covid.

“Ini pentingnya edukasi guna menghilangkan stigma negatif dari masyarakat terkait dengan Corona, yang berakibat pada penolakan pemakaman jenazah pasien Covid di beberapa daerah,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan terjun langsung diharapkan bisa menghilangkan stigma yang membuat keresahan masyarakat, karena informasi yang kurang.

“Alhamdulillah dalam proses pemakaman ini tak ada penolakan dari warga dan pemakaman ini dilaksanakan dengan aturan atau tata cara yang sesuai ketentuan. Selain itu, personel Polri dan TNI juga melaksanakan pengamanan jalannya pemakaman,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.