Karang Taruna Dilatih Buat Surat

149
0
PELATIHAN. Dosen Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Siliwangi memberikan pelatihan pembuatan surat kepada Karang Taruna Urug, Kawalu, Kota Tasikmalaya, Sabtu (29/6).
Loading...

TASIK – Dosen Program Studi Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Siliwangi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM), Sabtu (29/6). Kegiatan itu memberikan pelatihan kepada Karang Taruna Katar Urug dan IMMJ Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya dalam membuat surat dinas.

Ketua Kegiatan Welly Nores Kartadireja, MPd mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu poin tridarma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen, yakni pengabdian kepada masyarakat. “Tentu setiap dosen ini harus melaksanakan tridarma perguruan tinggi ini dan kami para dosen yakni Ibu Yuni Ertinawati, MPd dan Ibu Ai Siti Nurjamilah MPd melaksanakan salah satu tridarma itu. Biasanya tridarma perguruan tinggi dilaksanakan satu semester sekali,” katanya kepada Radar disela acara.

Welly menjelaskan, pengabdian yang dilaksanakan kali ini termasuk kepada Ipetak Bina Bagi Masyarakat (IBBM) dengan tema Pelatihan Penulisan Surat Dinas pada Karang Taruna. Tema ini diambil berdasarkan observasi bahwa saat ini Karang Taruna belum mengetahui bagaimana cara membuat surat dinas yang baik dan benar. “Ternyata banyak Karang Taruna yang belum pernah membuat dan mengeluarkan surat. Karena surat ini sangat penting untuk sebuah bukti nyata dalam kegiatan,” katanya.

Jelas dia, tata cara membuat surat yang baik dan benar sangat penting diketahui oleh organisasi, termasuk Karang Taruna. “Tentu sebelum membuat surat itu harus mengetahui bagaimana caranya, agar tidak salah. Maka dari itu kami memberikan pelatihan ini, ilmu yang sudah kita dapatkan harus dibagikan kepada orang lain,” jelas dia.

Materi yang diberikan, kata dia, seperti membuat kop surat, titimangsa, tanggal pembuatan, nomor surat, tujuan diberikannya surat termasuk bagian-bagian penting dalam pembuatan surat. Kemudian dalam penulisannya pun harus sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. “Dasar ini harus diketahui oleh Karang Taruna ini,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Urug Ade Sarif Hidayat mengatakan, kegiatan ini sangat bagus, mengingat anggotanya didominasi masih sekolah dan belum memahami teknik membuat surat. “Mudah-mudahan bisa menjadi bekal bagi semua anggota,” tandasnya.(ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.