Kartu Nelayan Akan Diganti

68
0
PERUBAHAN. Nelayan di Kabupaten Pangandaran tengah bersiap untuk mencari ikan Jumat (1/2). Sementara itu kartu nelayan yang sebelumnya dipegang para nelayan di Pangandaran akan segera diganti oleh Kusuka.

PARIGI – Kartu nelayan yang sebelumnya dipegang para nelayan di Pangandaran, akan segera diganti menjadi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). Namun saat ini masih dilakukan validasi calon penerima kartu tersebut.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Yadi Gunawan mengatakan hingga saat ini baru ada 1.500 nelayan yang sudah terdata mendapatkan Kusuka.

”Sementara jumlah nelayan mencapai 5.423 orang,” terangnya kepada Radar, Jumat (2/1).

Menurut dia, untuk waktu pembagian kartu masih belum pasti, karena yang melakukan pencetakan adalah pihak Kementerian Kelautan. ”Jadi kita hanya mendata dan nanti tinggal ikut membagikannya saja,” tuturnya.

Dia menjelaskan fungsi dari Kusuka bukan hanya untuk identitas nelayan saja, tetapi bisa sebagai asuransi dan syarat penerima bantuan dari kementerian. ”Kartu ini juga berfungsi sebagai ATM,” terangnya.

Yadi menambahkan yang berhak menerima kartu tersebut adalah orang-orang berprofesi sebagai nelayan. ”Jadi mata pencahariannya itu seratus persen dari menangkap ikan, tapi kalau tukang mancing tidak termasuk,” kelakarnya.

Selain nelayan laut, para nelayan di sungai juga akan mendapatkan Kusuka. ”Iya nelayan sungai Citanduy juga sudah didata mereka akan mendapatkanya,” tutur dia.

Saat ini, kata dia, jumlah nelayan paling banyak berada di Kecamatan Pangandaran, totalnya mencapai 2.159 orang. ”Jadi kalau hasil tangkap ikan biasanya paling banyak dari sana,” terangnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.