Karyawan CI Minta Kejelasan Kepada Pemerintah Garut

104
PENJELASAN. Pengelola Objek Wisata Cipanas Indah yang baru menerangkan terkait pengelolaan objek wisata kepada wartawan di kantornya Kamis (8/11). (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KALER – Karyawan Objek Wisata Cipanas Indah (CI) mempertanyakan kejelasan status mereka pasca pengelolaannya diserahkan dari Pemerintah Kabupaten Garut kepada pihak swasta.

“Saat ini belum tahu bagaimana nasib status kami setelah manajemennya diserahkan ke pihak swasta,” ujar Dadan, salah satu pegawai Cipanas Indah kepada Rakyat Garut, Kamis (8/11).

Sampai saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal ini Dinas Pariwisata belum memberikan kejelasan terkait nasib 38 karyawan.

“Kami ingin jelas, bagaimana nasib kami kedepannya setelah pengelolaan diserahkan ke swasta,” terangnya.

Dadan menilai sampai saat ini Pemkab Garut yang merupakan pemilik dan pengelola pertama Objek Wisata Cipanas Indah tidak memperhatikan nasib karyawan yang sudah lama bekerja.

“Kami ini sudah bekerja di sini dari tahun 2003, tetapi kami di sini seperti tidak dihargai. Buktinya ketika acara seremonial penyerahan pengelolaan karyawan di sini tidak diundang secara tertulis,” katanya.

Dia mempermasalahkan hal itu karena karyawan butuh pengakuan dan kejelasan nasib. “Kami tidak ingin peraturan yang baru ini merugikan karyawan yang sudah lama bekerja di sini,” terangnya.

Dadan mengaku sebelumnya sudah berkoodinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut untuk meminta masukan.

Hasilnya, kata dia, pemerintah seharusnya melakukan PHK dulu terhadap seluruh karyawan yang ada sebelum diserahkan ke pihak swasta.

“Seperti Cevron dulu, ketika manajemen diserahkan ke Star Energi itu seluruh karyawannya di-stop dulu (PHK) meski nantinya digunakan lagi oleh manajemen baru,” terangnya.

Kalau sekarang, kata dia, pemerintah kabupaten menyerahkan seluruh pengelolaan, termasuk karyawan kepada pihak swasta.

General Manajer CV Wulandari Yudi mengatakan sebagai pemenang dalam pengelolaan Objek Wisata Cipanas Indah berencana akan terus mengembangkan objek wisatawa milik pemerintah ini.

“Kedepannya kami akan renovasi dan bangun objek wisata baru dalam mengembangkan lokasi CI ini,” terangnya.

Terkait nasib karyawan, kata dia, pihaknya akan tetap menggunakannya. Tapi akan melakukan penyesuaian sesuai kemampuan yang dimiliki karyawan.

“Kami tidak akan mengacu kepada senioritas, tetapi berdasarkan kemampuan yang dimiliki dalam penempatan posisi pekerjaan di CI ini,” terangnya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.