Kasus Corona di Ciamis Meluas ke 16 Kecamatan

2698
0
SWAB TEST. Puluhan warga di Kecamatan Rancah mengikuti swab test untuk antisipasi penyebaran Covid-19, Minggu (27/9). ISTIMEWA

CIAMIS – Kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis tersebar di 16 kecamatan. Hal itu diungkapkan Tim Penanganan Kasus Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr Eni Rochaeni kepada Radar, Minggu (27/9).

Sejauh ini beberapa kecamatan sudah dilakukan swab test untuk mengetahui tingkat penyebaran dan memutus mata rantai.

Baca juga : Punya Penyakit Kusta, Tahanan LP Ciamis Bunuh Diri

Kata dia, ada belasan kecamatan yang terkonfirmasi ada penyebaran Covid-19 yakni Banjarsari,  Banjaranyar, Ciamis, Cimaragas, Cihaurbeuti, Cijeungjing, Cisaga, Jatinagara, Kawali,  Pamarican, Panjalu, Rancah, Sadananya,  Lakbok, Purwadadi dan Cikoneng. Beberapa dari kecamatan tersebut secara bertahap sudah dilakukan swab test, termasuk kecamatan yang tidak ada kasus, tapi lebih kepada tracking seperti Kecamatan Tambaksari.

“Swab di Bale Dusun Pohat Desa Karangpaninggal Kecamatan Tambaksari dilakukan kepada 20 orang yang merupakan keluarga dan kontak erat dengan pasien Covid-19. Sehingga bisa diketahui siapa aja yang terpapar untuk pemetaan penanganannya,” ujarnya, menjelaskan.

“Mudah-mudahan hasil swab test yang dilakukan di kecamatan tersebut tidak ada lagi warga terpapar Covid-19 di Kabupaten Ciamis,” katanya, menambahkan.

Kapolsek Rancah AKP Dahlan SH mengatakan, bahwa hasil monitoring dari Aipda M Herdiana, di mana pelaksanaan kegiatan swab test kepada 20 warga dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Warga yang mengikuti tes diwajibkan menggunakan masker serta menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan.

Baca juga : Ciamis Belum Terapkan PSBB, Tegakan Disiplin Prokes

Selama kegiatan, mereka yang mengikuti swab test tertib menerapkan protokol kesehatan yang 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

“Kami terus imbau kepada warga untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi ini. Karena dengan disiplin akan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.