Kasus Corona Naik, Pemkot Banjar Mendata Warga Pendatang

101
0

BANJAR – Tidak ingin kecolongan bertambahnya kasus positif Covid-19 di Kota Banjar, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan pendataan pendatang atau pemudik. Sejauh ini, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mendata pendatang yang masuk ke Kota Banjar sebanyak 313 orang.

“Itu berdasarkan laporan dari ketua RT, lalu disampaikan ke kades (kepala desa) terus ke camat dan terakhir ke kita (Satgas, Red),” ujar Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar Edi Herdianto SSos kepada wartawan, Rabu (14/10).

Kebanyakan pendatang, kata dia, datang ke Kecamatan Banjar dan Langensari. Sebab, banyak warga Banjar yang bekerja di luar daerah di luar kecamatan tersebut.

Kata dia, pendataan dilakukan sebagai antisipasi jangan sampai terjadi migrasi penyebaran virus corona dari luar daerah ke Kota Banjar. Selain didata, dilakukan juga pemeriksaan oleh tim kesehatan di desa/kelurahan masing-masing.

“Ya ini upaya kita dalam menekan, jangan sampai timbul lagi transmigrasi virus masuk lagi ke Kota Banjar. Kita lakukan pencegahan dan antisipasi,” ujarnya.

Sementara itu, kata dia, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sembuh terus meningkat. “Mudah-mudahan Kota Banjar kembali ke zero positif Covid-19 sampai seterusnya. Supaya aktivitas masyarakat Kota Banjar bisa berjalan normal seperti biasa kembali,” haraonya.

Baca juga : 4 Pasien Corona yang Diisolasi di RSUD Kota Banjar Sembuh

Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar H Agus Nugraha menambahkan ada penambahan terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien itu berjenis kelamin laki-laki berusia 41 tahun warga Desa Balokang Kecamatan Banjar.

“Ya betul hari ini (kemarin, Red) ada penambahan lagi satu orang terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan merupakan warga Banjar,” tuturnya.

Dia menjelaskan yang bersangkutan merupakan karyawan di salah satu perusahaan di Bandung. Dia pulang Selasa (13/10) ke kampung halamannya.

Namun dia mengalami keluhan sakit. Lalu oleh tim dilakukan swab test di RSUD Kota Banjar. “Hasilnya ternyata positif terinfeksi corona atau Covid dan langsung menjalin perawatan di ruang isolasi RSUD Kota Banjar,” kata dia.

Dengan penambahan itu, maka jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Banjar menjadi 40 orang dari asalnya 39 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 5 orang menjalani isolasi di rumah sakit, 34 orang sembuh atau selesai isolasi dan 1 orang meninggal dunia.

“Masyarakat harus harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, minimal 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) secara rutin. Mudah-mudahan Kota Banjar bisa kembali zero positif Covid-19,” pungkasnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.