Kasus Covid-19 di Kota Banjar Terus Naik, Sulit Dicegah..

46
0
Loading...

BANJAR – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjar kembali bertambah. Delapan orang. Sedangkan jumlah orang terkonfirmasi hingga kemarin sebanyak 184 orang.

“Ada penambahan delapan orang dari Raharja, Balokang, Mekarsari, Purwaharja dan Mekarharja. Usianya direntang 20 sampai sampai 45 tahun,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar, Kamis (28/1). Kata dia, jumlahnya terkonfirmasi positif masih dinamis, karena ada penambahan dan pengurangan (sembuh).

Ia menjelaskan penambahan kasus positif sulit dicegah selama masyarakat belum disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kerja keras tim satgas yang setiap siang dan malam melakukan patroli dan imbuan juga tidak akan efektif jika masyarakatnya masih rendah dalam menerapkan disiplin prokes.

“Kita berharap kasus positif Covid-19 ini segera selesai. Namun itu sulit untuk dicapai jika penerapan protokol kesehatannya lemah. Semua harus bekerja sama demi memutus mata rantai penyebaran virus corona ini,” kata dia.

Baca juga : Terus Bertambah, 6 Orang Warga Kota Banjar Positif Covid-19

loading...

Sementara itu, jumlah orang yang sudah terpapar Covid-19 sampai Kamis (28/1) berjumlah 565 orang. Sebanyak 366 orang di antaranya telah negatif, 184 masih positif dan 15 orang meninggal dunia. “Kemungkinan akan terus bertambah jika hasil swab yang dilakukan banyak peningkatan trend positif,” kata dia.

Seiring banyaknya pemeriksaan swab, stok reagen untuk pemeriksaan swab test PCR Covid-19 di RSUD Kota Banjar tersisa 1.400 reagen lagi. Jumlah itu diperkirakan cukup untuk pemeriksaan hingga dua minggu ke depan.

“Namun juga tergantung penggunaan perharinya. Kalau banyak pemeriksaan tracing cepet maka akan cukup untuk dua mingguan ke depan,” kata Direktur RSUD Kota Banjar drg Eka Lina Liandari belum lama ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar Andi Bastian mengatakan pelaksanaan tracking dilakukan setiap hari oleh petugas medis dari puskesmas dan Dinas Kesehatan yang masuk dalam satuan gugus tugas.

“Peningkatan kasus positif Covid-19 terus naik sehingga tracking terhadap orang-orang yang kontak erat juga terus dilakukan setiap hari. Sehingga membutuhkan jumlah reagen tambahan,” katanya. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.